caption trialgame

Tips Aman Terjatuh Dari Motor Trail!

Wednesday, 1 September 2021

Tips Aman Terjatuh Dari Motor Trail!


Berkendara dengan motor trail memang menyenangkan, baik itu di lintasan offroad, atau di aspal dengan mengggunakan motor trial supermoto. Namun setiap pengendara harus siap dengan resiko terjatuh saat mengendarainya. Oleh karena ada baiknya jika Anda memahami kiat-kiat yang harus dilakukan ketika terjatuh dari motor, agar terhindar dari cedera serius. Ada beberapa hal yang membedakan antara motor trail offroad dan supermoto, tapi secara garis besar teknik jatuh dari motor yang akan kami jelaskan bisa diterapkan pada dua situasi tersebut. Penasaran kan ? simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah melepaskan diri dari motor. Pada beberapa kondisi, baik secara sadar atau tidak, motor Anda seolah memiliki kedeketan emosional sehingga pada saat terjatuh pun Anda enggan melepaskannya. Hal ini biasanya terjadi karena  reflek. Ketika dalam kondisi jatuh dan Anda masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskannya, justru hal tersebut memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. Karena pengendara sepeda motor akan beresiko tertimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar. Selain itu, melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi momentum kita dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mulai berguling.

Nah jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh. Jika Anda terjatuh di tengah jalan, usahakan untuk berguling ke arah sisi kiri jalan. Dan jika Anda terjatuh di medan offroad, segera berguling keluar dari lintasan, karena bukan tidak mungkin ada pengendara lain yang juga menggunakan jalur tersebut.

Sehabis terjatuh sebaiknya, diam dulu sejenak, coba melakukan gerakan pada tangan dan kaki anda untuk melakukan konfirmasi pada tubuh, apakah ada yang terkilir atau patah. Hal ini untuk menghindari cidera yang lebih parah. Setelah jaturh saat bermotor dan pemotor merasa ada bagian tertentu yang mengalami cedera serius, sebaiknya segera ke Rumah Sakit untuk memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lanjutan bila diperlukan.

Memang pada prakteknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara ya.

comments

`