caption trialgame

Tips Atur Pre Load Motor Trail Honda

Tuesday, 22 September 2020

Tips Atur Pre Load Motor Trail Honda


Honda berhasil mencuri hati pecinta motor trail tanah air saat meluncurkan Honda CRF150L beberapa tahun lalu. Hingga saat ini motor trail Honda memiliki penjualan yang cukup bagus, bahkan disebut-sebut sudah bisa bersaing dengan pabrikan motor Kawasaki yang bertahun sebelumnya menguasai pasar untuk kategori ini.

Nah salah satu fitur yang dimiliki oleh motor ini adalah travel suspensi yang panjang, agar nyaman saat diajak trabas tanpa gejala bottoming.Namun dengan bobot tiap orang tak sama, kadang butuh setelan suspensi yang berbeda. Untungnya suspensi monosok yang berisi gas pada Honda CRF150L ini bisa disetel pre-loadnya. Nah buat Anda yang kebetulan lagi terkena dampak imbas PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mungkin ingin mengatur pre load motor Anda tapi tidah mengatahui caranya? Tenang kami bantu uraikan ya.

Pertama melepaskan side cover kanan menggunakan kunci L5, untuk sebelah kiri bisa pakai uang logam. Lalu buka jok dengan melepas kedua bautnya pakai kunci T10. Jangan lupa lepas aki karena ada baut yang perlu dilepas di baliknya.

Setelah itu lepas silencer knalpot, tidak perlu dari kepala silinder karena tipe slip on , lepaskan dua buah baut pengikatnya menggunakan kunci 12, yang ada di tengah sambungan silencer dengan leher knalpot.Setelah silencer copot, Anda bisa melepas box saringan udara dengan membuka baut pengikat terlebih dulu tepat di belakang tempat aki yaitu baut 10, ada pula di samping kanan dekat kiprok juga dua buah baut 10.Lalu baut pengikat tabung minyak rem belakang baut 10, juga lepas klem leher filter udara menuju throttle body pakai obeng kembang. .

Tidak sampai di situ, penahan lumpur atau mud guard tepat di belakang suspensi juga perlu dilepas dengan mengendurkan dua sekrup, lalu lepaskan selang pernapasan dari crankcase yang menuju boks filter udara, barulah boks filter udara bisa ditarik keluar. Nah kalau sudah begini suspensi belakang bisa disetel, karena cukup ruang, setelnya menggunakan kunci spanner atau kunci sabit.

Kendurkan dulu mur kontra bagian atas, baru setel mur bagian bawah, mau dibuat lembut putar ke atas atau keras putar ke bawah.Setelah disetel coba dahulu, jika dirasa sudah pas baru dikencangkan kembali mur kontranya, agar setelan tidak berubah.Disarankan pakai 2 kunci spanner untuk menahan mur kontra saat dikencangkan. Selain itu hati-hati saat memasang silencer, jangan sampai paking terjepit atau miring karena gas buang akan bocor. Nah selamat mencoba ya

 

comments

`