Salah satu kenikmatan bermotor trail adalah membawanya melaju menembus beragam rintangan. Dan keunggulan motor trail dibandingkan motor lainnya adalah kemampuan menembus beragam medan yang berada di depannya. Salah satu medan yang dianggap memiliki kesulitan paling tinggi adalah lintasan berpasir. Melalui artikel ini kami akan memberikan beberapa tips singkat yang akan membuat hidup Anda lebih mudah saat berpetualang di lintasan berpasir.
- Gunakan sepatu yang lebih tinggi, tidak hanya sekedar menutupi mata kaki, tapi kalau bisa sedekat mungkin mulut sepatu ke lutut, makin baik. Karena pasir mudah sekali memasuki sepatu dan kalau sudah didalam sangat tidak nyaman, apalagi pasir dengan butiran yang lebih besar.
- Jika memungkinkan, gunakan motor dengan tenaga dan torsi yang besar, karena diatas pasir, Anda memang benar-benar membutuhkan dorongan tenaga mesin. Kecuali anda adalah seorang rider bertubuh kecil dan ringan, maka mesin dengan cc kecil pun cukup.
- Turunkan tekanan ban anda sampai 10 atau 12 psi, yang penting anda tidak menabrak benda-benda keras diatas pasir, seperti batu, kayu atau akar-akaran karena bisa membuat velg anda bengkok. Ban yang sedikit kempes memiliki traksi yang sangat baik diatas pasir.
- Ketika bergerak diatas pasir, berdiri diatas foot step dan coba pindahkan berat kebelakang, usahakan ban depan menekan permukaan pasir dengan ringan dan konsentrasikan berat pada roda belakang. Kalau roda depan terlalu menekan permukaan pasir, sudah dipastikan Anda akan terjerembab dan jika kecepatan motor sedang tinggi ada kemungkinan Anda terlempar melewati stang motor. Berat yang terkonsentrasikan kebelakang akan meringankan roda depan untuk lebih bebas mencari arah dan lebih ringan bagi stang untuk diputar-putar.
- Secara naluriah, kita akan mengurangi gas saat terasa roda depan seperti berubah arah,karena dinamika pasir yang bergeser saat dilalui. Jangan lakukan hal ini karena akan memperburuk keadaan.Segera berdiri, tarik stang kebelakang , pindahkan berat kebelakang dan tarik gas. Roda depan kemudian akan terangkat dari pasir dan segera arahkan ke jalur yang Anda inginkan, jangan lupa untuk terus menarik gas.Saat anda berdiri diatas foot step, usahakan kedua kaki tetap mengapit body motor, untuk kestabilan.
- Jika Anda melakukan tikungan tajam diatas pasir, duduklah dan usahakan duduk sebisa mungkin maju kedepan (beberapa tips menyarangkan agar duduk diatas tangki) agar mengurangi berat yang tadinya terkonsentrasi pada roda belakang, miringkan motor dan naikan gas, roda belakang akan memuntahkan pasir, salah satu kaki mungkin diturunkan.
- Tidak usah terlalu khawatir terjatuh karena padadasarnya Anda akan jatuh diatas pasir yang jelas tidak sekeras aspal. Lintasan berpasir membuat orang lebih mudah terjatuh, kendati resikonya tidak sebesar terjatuh di aspal tetap waspada dan gunakan perlengkapan keselamatan yang memadai ya.
- Hindari melakukan pengereman karena akah beresiko membuat Anda terjatuh. Cukup kurangi gas akan dengan cepat mengurangi kecepatan anda. Kalaupun Anda melakukan pengereman, gunakan kedua rem dengan rem belakang yang lebih berperan untuk menghetikan motor, karena rem depan akan menyebabkan roda depan tenggelam kedalam pasir .
- Aturlah agar anda melintasi pasir dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada yang biasanya, karena kecepatan yang rendah justru menyebabkan roda-roda motor tenggelam kedalam pasir.
- Pasir akan menyiksa motor anda. Butiran-butiran pasir akan menempel pada sendi-sendi motor yang bergerak dan akan mengikis bagian-bagian itu. Karenanya, selesai berkendara, segera bersihkan motor dari pasir. Bersihkan saringan udara dan gunakan pembersih rantai yang baik tanpa menyebabkan pasir menempel pada rantai dan gear.
Image credit : quadbikerentaldubai.com