caption trialgame

Tips Bikin Nyaman Touring Pakai Motor Trail

Thursday, 17 September 2020

Tips Bikin Nyaman Touring Pakai Motor Trail


Pasar motor trail di tanah air memang semakin marak, dan hal ini ditunjang dengan adanya motor trail street legal atau dual sport yang dijual langsung oleh pabrikan motor di Indonesia. Naiknya popularitas motor trail dual sport memang bukan tanpa alasan, namun alasan utamanya adalah motor jenis ini handal digunakan dalam melahap medan offroad tapi bisa digunakan juga untuk kegiatan sehari-hari.

Peredam kejut dengan jarak main yang panjang dan ground clearance yang tinggi, dikombinasikan dengan ukuran dan profil ban yang sesuai ,membuat motor jenis ini sangat nyaman untuk digunakan saat melahap medan tanah, lumpur, air dan aspal.

Tapi tahukah Anda, ternyata motor trail dual sport ni memiliki kelemahan lho. Mungkin ada beberapa yang kurang suka dengan performa mesin atau handling namun banyak pula yang tidak memiliki masalah dengan dua hal tadi. Tapi yang jelas banyak yang setuju jika motor trail dual sport memiliki kapasitas bahan bakar yang kecil dan bentuk jok yang ramping sehingga membuat orang yang berperawakan besar memiliki masalah saat mengendarainya.

Untuk kekurangan yang pertama yaitu kapasitas bahan bakar yang sedikit bisa diakali dengan membawa bahan bakar ekstra saat sedang berpetualang, hal ini tentu bisa mengantisipasi kehabisan bahan bakar di medan offroad. Atau alternatif lainnya adalah dengan mengganti tangki bahan bakar dengan produk after market. Saat ini sudah tersedia beragam jenis tangki bahan bakar motor trail yang memiliki beragam jenis kapasitas. Tapi perlu diingat ya, semakin banyak Anda membawa bahan bakar, semakin berat pula bobot motor trail.

Karakter motor trail dual sport sangat mirip dengan motor enduro dan motocross sehingga menjadikannyakurang nyaman saat digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.Kelemahan tersebut terletak di bagian joknya yang sempit, tipis dan atos. Kondisi jok inilah yang membuat pengendara merasa tidak nyaman dan dengan kondisi jok seperti itu, bokong pengendara pun akan cepat lelah.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa cara misalnya dengan menambah atau mengganti busa di dalam jok dengan yang lebih lebar atau lebih kenyal. Namun hal ini berarti Anda harus membongkar jok asli bawaan motor, dan biasanya sedikit yang mau melakukan ini.

Alternatifnya adalah dengan mengganti jok bawaan pabrik dengan jok yang lebih nyaman, seperti produksi Seargeant Seats. Tapi jangan kaget ya dengan harga yang ditawarkan oleh merk ini, biasanya akan membuat dahi Anda akan sedikit berkernyit. Cara yang lebih murah adalah dengan menggunakan seat cushions pada jok motor Anda. Cara ini terhitung praktis karena Anda tidak perlu mengganti atau membongkar jok.

 

comments

`