caption trialgame

Tiru Anatomi Manusia, Fox Kembangkan Helm Dengan Cairan Pelindung

Wednesday, 12 June 2019

Helm merupakan perangkat keamanan yang wajib digunakan bagi para pengendara motor. Bagi para penggila motor trail, menggunakan helm berarti menghindarkan diri dari cedera parah jika terjadi kecelakaan. Kesadaran menggunakan helm pada para penggila motor trail memang terhitung tinggi, tapi sayangnya kadang kualitas helm yang digunakan tidak sebanding dengan resiko yang bisa terjadi. Masih banyak yang hanya “asal” menggunakan helm tanpa tahu kemampuan dalam menyerap bentaruna.

Helm yang didesain sebagai pengaman kepala dari benturan saat kecelakaan biasanya menggunakan busa sebagai penyerap benturan. Ternyata, busa atau sterofoam yang lazim digunakan pada helm dianggap kurang cukup untuk melindungi bagian paling vital dari organ tubuh manusia. Nah produsen alat keamanan berkendara, Fox, baru-baru mengembangkan sebuah teknologi baru yang menggunakan cairan sebagai alat penyerap benturan jika terjadi kecelakaan.

Untuk merealisasikannya, Fox menggandeng perusahaan Fluid asal Kanada untuk menambahkan kapsul-kapsul berisi cairan di beberapa titik.Jadi bukan berarti peran busa di dalam helm digantikan seluruhnya dengan cairan, karena justru bakal bikin helm jadi lebih berat.

Cairannya pun bukan air biasa, tapi cairan yang sudah dikembangkan sehingga bersifat seperti cairan otak yang berada di dalam tempurung kepala. Hal ini menyebabkan cairan tersebut punya sifat lebih ringan dari air namun bisa menyerap benturan dengan lebih baik.

Alasan Fox untuk menambahkan titik-titik kapsul berisi cairan tersebut untuk menyerap benturan lebih baik dari segala arah. Meski helm biasa terbukti sudah cukup aman melindungi benturan langsung, helm dengan cairan ini ini bisa lebih menyerap benturan saat terjatuh guling-guling yang bikin helm berputar-putar. Namun dengan teknologi ini, sekalinya helm ini terjatuh otomatis seluruh kapsul berisi cairannya harus diganti.

Helm yang diberkode Fox V3 itu perlindungannya meniru otak manusia.Selain tulang tengkorak, otak manusia dilindungi cairan untuk menyerap guncangan. Konstruksi bioengineering itu ditiru helm Fox V3 sebagai pengganti padding berbahan styrofoam. Padding fluida yang disebut sebagai Fluid Pods itu dibuat oleh, Fluid Inside dari Kanada.

Fluid Inside telah bekerja sama dengan Fox Racing dalam mendesain Fox V3 dengan teknologi Fluid Pods itu.Selain untuk motocross, perusahaan telah membuat berbagai tipe Pods dan fitur untuk berbagai helm sesuai keperluan atau jenis sport.

Pada V3, pada inner pad dengan Varizorb EPS yang didesain seperti crumble zone, yang akan rontok setelah menyerap energi benturan.Untuk perlindungan mata dan dagu, di bagian depan dirancang seperti cage. Konstruksi Cage ini sudah dipatenkan Fox. Serta visor yang dilekatkan secara magnetik ke helm agar mudah terlepas dan tidak pecah jika mengalami benturan.

comments

`