caption trialgame

Trik Hunting Motor Injeksi Bekas

Thursday, 8 October 2020

Trik Hunting Motor Trail Injeksi Bekas


Pasar motor trail belakangan sedang tumbuh pesat di Indonesia. Hal itu bermula, ketika pabrikan asal Jepang mulai ramai meluncurkan produk tersebut dengan banderol cukup terjangkau. Nah tetapi, belum tentu semua orang bisa membeli motor trali baru, sebagian memilih langkah hemat dengan menebusnya dalam kondisi bekas.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor trail bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan hanya karena bodi mulus Anda langsung serta merta momboyongnya. Berbeda dengan motor jenis lainnya, motor trail biasanya acap dipakai untuk melompat dan mendarat. Itulah mengapa, saat membeli motor trail bekas, pastikan konsumen meneliti bagian kaki-kaki kendaraan.

Kendati memang tidak semua motor trail digunakan untuk untuk melibas jalanan berundak dan bertanah. Sebagian justru memfungsikannya sebagaimana motor umum lainnya, yakni sebagai moda operasional harian. Namun tetap saja, kemungkinan sang pemilik mengendarainya serampangan, tentu masih ada.

Nah, guna mengetahui apakah bagian kaki-kakinya masih baik atau tidak, sebaiknya langsung kendarai motor, bukan hanya sekadar duduk dan melakukan ayunan di tempat, melainkan juga dibawa melaju ke jalanan. Seandainya saat tikungan motor terasa tak stabil, tandanya ada kerusakan di bagian yang tersebut.Selain itu, dengarkan juga suara mesinnya. Motor trail yang kondisinya jelek, biasanya bisa terdengar dari suaranya yang berisik dan aneh.

Nah jika Anda ingin berencana membeli motor trail injeksi bekas ada beberapa hal tambahan yang harus diperhatikan karena arena sistem suplai bahan bakar injeksi bisa dibilang lebih ribet dari karburator. Yang mana sistem injeksi dilengkapi berbagai sensor. Mulai Engine Oil Temperature, Engine Coolant Temperature, Throttle Position (TP), Ignition Pulse Generator dan O2 Sensor.

Untuk mengetahui sensor pada injeksi bermasalah atau tidak, diketahui dengan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Caranya kunci kontak di posisi ON, dan lampu akan menyala selama 2 detik, lalu mati. Bila berkedip berarti ada masalah pada sensor. Karena setiap kedipan ada artinya. Bagi yang tidak hafal dengan jumlah kedipan.

Kalau pada motor injeksi yang tidak dilengkapi MIL, ada cara mengatahui gejala injeksi bermasalah, yaitu bisa dengan mendeteksi melalui langsam motor. Jika sistem injeksi mengalami masalah maka motor trail akan susah langsam, hal ini biasanya dipicu penumpukan kotoran di throttle body yang mengerak. Kerak di throtle body akan menggangu kinerja katup kupu-kupu. Otomatis aliran bahan bakar ke ruang bakar terganggu, makanya jadi susah langsam. Nah buat Anda yang sedang hunting motor trali injeksi bekas, perhatikan hal-hal di atas ya.

comments

`