caption trialgame

Waduh Ini Ternyata Penyebab Kabel Gas Mudah Putus, Simple Tapi Nyakitin!

Thursday, 2 December 2021

Waduh Ini Ternyata Penyebab Kabel Gas Mudah Putus, Simple Tapi Menyakitkan!


Buat Anda yang baru berencana membeli motor trail bekas, terutama yang umurnya di atas 5 tahun, jangan lupa untuk memperhatikan putaran gas. Jangan sampai kabel gasnya gampang putus karena hal-hal yang terlihat sederhana. Keluhan seringnya kabel gas motor bekas putus memang bukan hanya datang sekali atau dua kali. Nah apa sih penyababnya?  Hal yang sepertinya sepele dan mungkin cukup lumrah dijumpai pada motor, ternyata bisa memicu kabel gas menjadi gampang putus. Langsung simak ulasannya yuk.

Percaya tidak percaya, adanya lapisan karat pada setang bisa membuat kabel gas motor mudah terputus. Kondisi ini menghambat gerakan kawat pada selongsong gas. Akibatnya, kabel gas pun rentan putus.  Belum lagi, selongsong gas ini memang terbuat dari bahan plastic yang gampang sobek. Jadi tidak heran, begitu ‘macet’, akan muncul gesekan yang semakin membuatnya mudah terkikis. Oh iya apabila selang gas patah, pelat di dalamnya akan bergesekan dengan kabel. Hasilnya, kabel gas gampang patah juga. Apalagi kalau ada bagian-bagian yang terlipat.

Selain itu, kondisi lain yang juga berisiko membuat kabel gas motor gampang putus adalah terkelupasnya karet pelindung kabel gas. Kalau pelindung ini terangkat atau terkelupas, air jadi begitu mudah masuk ke plat di dalam kabel gas. Kalau sudah begini, pelat jadi gampang berkarat dan membuat kabel tersendat-sendat.

Lalu bagaiman cara mengantisipasinya? Anda harus rutin melakukan pemeriksaan. Selain itu, untuk menjaga kondisi kabel gas tetap optimal, hangan lupa untuk memberikan pelumas pada motor trail Anda.  Selain itu, apabila Anda membeli motor trail bekas yang sudah berumur lebih dari  lima tahun ke atas, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk dibongkar dan dibersihkan bagian selongsong gasnya.

comments

`