caption trialgame

Waduh Jangan Asal Ganti Busi!!

Monday, 18 November 2019

Tahukah Anda bahwa busi memiliki peran penting dalam sistem pengapian motor trail Anda. Tanpa adanya sistem pengapian tidak akan ada proses pembakaran di dalam mesin. Kendati memang ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kualitas pembakaran di dalam silinder namun peran busi amat krusial.

Tanpa adanya busi, tidak akan ada percikan bunga api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang mesin. Nah oleh karena itu pemilihan busi yang tidak tepat memiliki pengaruh penting pada kualitas pembakaran itu sendiri.

Busi pada dasarnya terdapat dua jenis yaitu busi panas dan busi dingin. Busi panas adalah busi yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan panas. Sedangkan busi dingin adalah busi yang mampu membuang atau menyalurkan panas lebih banyak. Untuk membedakan keduanya dapat dilihat pada kode yang tertera pada badan busi. Semakin tinggi angka yang tertera maka semakin tinggi pula panas yang dibuang atau di lepaskan (atau yang disebut busi dingin).

Sebagai contoh busi yang memiliki kode C6HSA dan CR8E, maka angka 6 tersebut menunjukan busi panas, sedangkan busi yang satunya dengan kode angka 8 adalah busi dingin. Selain itu juga bisa dilihat pada insulator busi. Pada busi dingin memiliki insulator yang relatif pendek sedangkan busi panas memiliki insulator yang lebih panjang.

Jadi untuk memilih busi yang tepat dapat dilakukan dengan memilih tingkat panas busi yang benar. Untuk menentukan tingkat panas busi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah kondisi lingkungan. Jika Anda lebih sering munggunakan motor trail di daerah yang memiliki suhu lingkungan rendah seperti pegunungan, akan lebih baik jika menggunakan busi yang memiliki tingkat panas busi yang tinggi. Penggunaan busi yang dingin akan menyebabkan penumpukan karbon atau yang disebut dengan carbon fouling.

Dan yang kedua adalah kapasitas silinder. Jika Anda menggunakan motor trail yang memiliki mesin dengan kapasitas silinder diatas 180cc lebih baik menggunakan busi tipe dingin. Penggunaan busi panas akan menyebabkan gejala pre-ignition dan overheating. Sebaliknya pada mesin yang mempunyai kapasitas silinder dibawah 180cc bisa menggunakan busi tipe panas.

Nah untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada motor trail Anda, ada baiknya untuk menyesuaikan busi yang digunakan dengan kebiasaan Anda berkendara serta tentunya adalah spesifikasi motor itu sendiri.

Image credit : thumpertalk.com

comments

`