caption trialgame

Waduh! Jangan Asal Ganti Knalpot Ya

Saturday, 13 July 2019

   Salah satu komponen yang sering diganti untuk meningkatkan performa motor trail adalah knalpot. Biasanya knalpot bawaan pabrik motor trail sudah memenuhi standar baik secara fungsi dan kualitas untuk bisa melahap beragam jenis medan, namun masih saja ada biasanya yang kurang puas sehingga memutuskan untuk memodifikasinya.

   Modifikasi sebenarnya sah-sah saja dilakukan tapi ingat ada juga batasan yang tidak ditembus, seperti menggunakan knalpot 2-tak pada motor trail 4-tak. Jarang memang yang melakukan hal itu, tapi bukan berarti tidak ada. Atau mungkin hal ini bisa terjadi akibat ketidaktahuan.

   Para pemilik kendaraan. Tapi, ada juga yang sedikit "nyeleneh" dari modifikasi yang tengah viral belakangan ini. Dari postingan beberapa akun Instagram, pemilik skutik tengah gandrung memodifikasi bagian knalpot motor mereka dengan knalpot sepeda motor 2-tak. Ini terlihat dari bagian knalpot yang berbeda dan muffler knalpot yang lebih kecil dibanding knalpot motor 4-tak. Tapi apa bisa knalpot 2-tak digunakan di sepeda motor skutik yang merupakan motor 4-tak? General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso coba menjelaskan.

   Sebenarnya desain knalpot motor sangat memengaruhi performa dan emisi dari motor. Sama-sama knalpot motor 4-tak saja desainnya berbeda untuk tiap tipe motor trail. Knalpot 2-tak erat kaitannya dengan proses mesin ini bekerja. Mesin bekerja dalam satu siklus kerja di mana langkah kompresi sekaligus langkah mengisap bahan bakar dan udara. Ketika terbakar, gas buang keluar bersama dengan udara segar. Untuk mengisap kembali udara ini, maka dibuat konstruksi knalpot yang menggunakan chamber.

   Chamber berfungsi untuk memantulkan gas buang dari mesin 2-tak agar mendapatkan tenaga sehingga ukuran besar kecil chamber menentukan tenaga mesin. Semakin kecil ukuran chamber karakter tenaga motor kuat di putaran bawah, makin besar maka tenaga keluar di RPM tinggi.

   Nah pada motor trail 4-tak tidak dibutuhkan perut knalpot atau chamber yang ada seperti di motor 2-tak. Bagian knalpot motor 4-tak hanya memerlukan header atau leher dan silincer atau peredam. Jika hal ini dilakukan efeknya kemungkinan tenaga yang dihasilkan akan turun. Karena kalau mengurut prosesnya, gas buang harusnya dibuang langsung, ini malah ditampung dulu. Nah jadi sebelum melakukan modifikasi, lakukan riset dulu ya.

comments

`