caption trialgame

Wajib Hukumnya Bersihkan Sokbreker Depan di Musim Hujan!

Wednesday, 24 November 2021

Wajib Hukumnya Bersihkan Sokbreker Depan di Musim Hujan!


Suspensi depan motor trail umumnya ada dua jenis, yaitu teleskopik dan upside down. Nah ternyata mau apapun jenisnya, jangan lupa merawat suspensi depan motor khususnya saat musim hujan datang. Bagian kaki-kaki termasuk sokbreker harus lebih rajin dibersihkan terutama saat dipakai berkendara di kondisi hujan.  Hal ini biar berkendaraa ketika musim hujan masih tetap aman dan nyaman ya.

Apapun jenis motor dengan tipe sokbreker depannya, untuk menjaga kondisi sokbreker tipsnya adalah kebersihan motor keseluruhan.  Yang jelas Anda harus segera membersihkan sokbreker motor trail Anda jika sudah terlihat kotor. Misalnya ketika Anda habis trabasan, melewatai beragam jenis lintasan atau sesimpel sehabis berkendara ketika cuaca hujan.

Nah cara pertama untuk membersihkan sokbreker yang kotor adalah membilas bagian tersebut dengan air bersih ya. Setelah itu baru gunakan air sabun, bersihkan secara menyeluruh, khususnya ke seputar bagian batang as sokbreker (inner tube). Tetapi harus diperhatikan nih, jangan sampai salah caranya

Pada dasarnya proses pembersihan bagian batang as sokbreker sama, namun antara sok teleskopik biasa dan upside down arahnya berbeda. Kalau sokbreker depan berjenis teleskopik, disarankan diusap dari bagian bawah ke atas. Sedangkan pada sokbreker upside down, diusap dari bagian atas ke bawah.

Hal ini dilakukan supaya kotoran menjauh dari bagian sil sokbreker, pastikan dilakukan secara perlahan dan pakai kain lap microfiber untuk mencegah terjadi goresan.Terakhir, jangan lupa mengeringkan sokbreker dengan cara mengelapnya. Mengelapnya pun usahakan menggunakan cara yang sama seperti cara membersihkan di atas, yaitu sesuai tipe sokbreker depan motor.

Nah demikan cara membersihkan sokbreker ya. Jika kotoran lama menempel di as tengah suspensi dapat menyebabkan kebocoran. Debu atau lumpur yang dibiarkan menumpuk mengakibatkan karet sok tergores, lalu timbul aus. Jika demikian seal shock kalah, tak lama terjadilah kebocoran. Jadi yuk jangan malas bersihkan sokbreker motor trail Anda.

 

 

comments

`