caption trialgame

Waspada Beli Motor Trail Dual Sport Bekas

Wednesday, 27 November 2019

Tidak semua penggemar motor trail bisa membeli motor mereka dalam keadaan baru dan memilih motor trail bekas sebagai tunggangan mereka. Jika motor trail tersebut berjenis spesial engine atau enduro, tidak perlu khawatir akan surat-surat karena memang motor jenis ini tidak dilengkapi dengan surat-surat seperti STNK dan BPKB.

Nah bagi Anda yang ingin membeli motor trail dual sport bekas, yang memang populasinya cukup banyak di Indonesia, selain memperhatikan beragam jenis komponen serta performa motor, kelengkapan surat-surat menjadi syarat mutlak yang wajib diperhatikan.

Motor trail dual sport yang beredar di Indonesia, apalagi yang diproduksi massal, sudah seharusnya memiliki Surat Tanda Nomer Kendaraaan (STNK) dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai bukti kepemilikan yang sah. Jika tidak memilikinya, lebih baik lupakan untuk membeli motor tersebut, karena urusannya bisa panjang. Alih-alih ingin punya motor trail, bisa jadi ternyata motor curian.

Tapi memiliki STNK dan BPKB ternyata bukan jaminan juga lho. Saat ini marak beredar STNK dan BPKB palsu. Nah melalui artikel ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa cara untuk mengecek keaslian STNK dan BPKB.

Ada lima tips untuk mendeteksi keaslian surat-surat tersebut yang pertama adalah bisa dilihat dari bahan cover yang digunakan.BPKB asli dibuat mengkilap, sedangkan kalau palsu sedikit buram.Lalu kedua, hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi abu-abu saat di terawang.Apabila palsu, warnanya menjadi kuning atau lainnya.

Ketiga, nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili.Namun, untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan.Selanjutnya, biasanya BPKB palsu hanya sekadar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah.Sekalipun berubah, akan terdapat bekas print ulang atau cetak ulang.

Terakhir, pada halaman 14 jika BPKB asli, terlihat lambang Korlantas disinari cahaya ultraviolet.Kalau diraba, keras akan terasa kasar karena logo Korlantas timbul.Bagian itu juga timbul kombinasi beberapa huruf dan angka.

Sementara untuk memastikan keaslian STNK, pertama Anda bisa menimbang ketebalannya.Biasanya, STNK asli akan sedikit memiliki bobot. Kemudian gambar dan tulisan di kertasnya terlihat jelas, tidak pudar, serta terdapat hologram.Selain itu, ada juga benang pengaman rajutan pada sisi kiri kertas STNK.Sedangkan di bagian kanan, terdapat lubang kecil-kecil bertuliskan 'STNK'.

Nah bagi Anda yang berencana untuk membeli motor trail dual sport bekas dalam waktu dekat, ada baiknya untuk memperhatikan secara seksama detail surat-surat kendaraannya, jangan karena kondisi motor bagus, Anda kemudian terlena mengabaikan surat-surat tadi.

comments

`