caption trialgame

Waspada Berkendara di Samping Truk Dan Bis! Emangnya kenapa?

Tuesday, 30 November 2021

Waspada Berkendara di Samping Truk Dan Bis! Emangnya kenapa?


Bagi Anda pengguna motor trail secara harian, tentu tidak bisa memilih kendaraan yang akan jalan berdampingan atau berlawan saat di jalan raya. Berbeda jika Anda trabasan, sudah pasti biasanya yang akan Anda temui dilintasan, adalah motor trail lainnya atau motor penduduk setempat.

Nah jika Anda menggunakan motor trail harian, sudah pasti harus bersiap untuk menghadap beragam jenis kendaraan di jalan raya, mulai dari yang kecil hingga kendaraan besar seperti truk. Idealnya memang sebaiknya menjauhi kendaraan-kendaraan besar ya, namun biasanya ada saja momen ketika mau tidak mau harus ada di dekat kendaraan besar ini.

Nah jika hal ini terjadi, tentu Anda harus ekstra hati-hati, maklum Kalau sudah begini, Anda sebagai pengendara motor harus ekstra hati-hati. Maklum, dari segi ukuran, motor trail sudah jelas-jelas kalah jauh dibanding truk. Ketika berada di dekat kendaraan-kendaraan berbodi superbesar, motor Anda berisiko gampang oleng dan terjatuh. Oleh karena itu, kami akan membagikan tips aman motor trail di dekat kendaraan berukuran besar.

Ada sejumlah hal yang tidak boleh luput dari ingatan Anda ketika mengendarai motor di dekat kendaraan besar seperti truk, bus, maupun kontainer, yang pertama tentu adalah mewaspadai blind spot ya. Kendaraan besar memiliki area buta atau blind spot yang cukup banyak. Alhasil, banyak kendaraan berukuran kecil, termasuk motor, yang akhirnya tidak terlihat oleh pengemudi truk, bus, maupun kontainer. Untuk memastikan Anda tidak berada di blind spot, cobalah tengok ke spion kendaraan besar. Jika bisa melihat wajah sang pengemudi, maka Anda ada di area aman. Namun tetap saja, sebisa mungkin menjauhlah dari kendaraan berukuran besar.

Ketika berada di sekitar kendaraan besar dalam kecepatan tinggi, berhati-hatilah dengan tekanan angin dari kendaraan tersebut. Anda bisa merasa seakan-akan ‘tertiup’ sampai motor terasa oleng, dan berisiko membuat terjatuh. Demi keamanan, mengalahlah dan berada jauh di belakang kendaraan tersebut.

Oh iya perlu diingat bahwa kendaraan besar tidak bisa berhenti mendadak. Lain halnya dengan sepeda motor yang bisa Anda hentikan secara mendadak ketika mengendarainya, tidak demikian dengan kendaraan besar seperti truk. Oleh karena itu, hindari berada di depan kendaraan tersebut. Sebab jika Anda ngerem mendadak, pengemudi di belakang ini tidak bisa mengurangi laju kendaraan secara tiba-tiba.

Nah demikan tips dari kami, selalu berhati-hati saat mengendarai motor trail Anda, baik itu di jalan raya maupun medan offroad. Patuhi rambu-rambu lalu lintas bagi Anda yang mengendarai motor trail secara harian dan jaga keselamatan ya .

comments

`