caption trialgame

Wow, Motor Trail Listrik Produksi Anak Bangsa Mulai Dipamerkan!

Tuesday, 12 January 2021

Wow, Motor Trail Listrik Produksi Anak Bangsa Mulai Dipamerkan!


Tidak lama lagi Indonesia bakal memiliki motor trail listrik pertamanya. Belum lama ini, PT Elnusa Tbk yang menaungi Elbike Garage merilis prototipe motor listrik pertama meraka yang salah satunya berjenis motor trail. Elbike merilis empat buah prototipe motor listrik yaitu Yang pertama adalah Bima Enduro ECR-3000 yang merupakan motor trail, dan El-Classico ECR-1000 yang berbentuk motor klasik. Kemudian Electric Monkey ECR-500, dan terakhir ada Ebike ECR-350 yang merupakan motor listrik berbentuk seperti sepeda listrik.

Nah menarik untuk membedah spesifikasi yang menempel pada model Bima Enduro ECR-3000. Yang pertama tentu saja adalah dari baterainya. Motor ini dibekali baterai lithium 72 Volt 40 Ah dengan Controller Votol EM-100 dan terletak di area tangki motor. Untuk waktu pengisian dayanya snediri membutuhkan durasi sekitar 3 sampai 5 jam untuk mengisi dari 0 hingga 100 persen penuh dengan daya jelajah sekitar 80 hingga 90 kilometer. Tapi bergantung juga dengan medan serta gaya berkendarannya ya.

Dari baterai tersebut, listrik akan dialirkan ke motor penggerak berkapasitas 72 Volt 3.000 Watt, yang jika dikonversi makan bisa dibilang memiliki mesin setara 250cc. Tidak heran jika kemudian motor ini diklaim bisa menyentuh angka 100 km/jam.

Untuk menunjang kemampuan off-roadnya, motor listrik ini dibekali sokbreker depan model upside down.Pada sistem pengereman, Bima Enduro ECR-3000 sudah didukung disc brake depan belakang. Dengan pelek 17 inci, membuat tampilan motor ini semakin gahar.

Jika melihat pada prototipenya, maka motor ini rasanya bakal dikembangkan menjadi motor dual sport karena dibekali dengan dua lampu  LED yang disusun bertingkat, serta lampu sein LED dan panel instrumen yang informasinya lengkap seperti indikator baterai, indikator power, dan indikator lampu.

Konon kabarnya Bima Enduro ECR-3000 akan menjadi pilot project untuk motor trali listrik dari PT Elnusa tbk. Jika proyek ini berhasil, tiga jenis prototipe lainnya akan digarap dengan lebih serius dan bukan tidak mungkin akan segera di produksi secara massa. Kendati terhitung masih dini, tapi rasanya boleh berharap jika Indonesia akan memiliki motor trail listrik pertama dalam waktu yang tidak lama lagi.

comments

`