caption trialgame

Ya Ampun Supermoto Termahal Hampir Setengah Milyar

Wednesday, 12 June 2019

Industri otomotif setiap tahunnya terus berkembang dan menghadirkan beragam jenis inovasi terbaru. Maka tak heran jika setiap tahun, para produsen otormotif seolah berlomba meluncurkan produk terbaru mereka untuk merebut pasar. Tidak terkecuali juga dengan motor jenis offroad.

Motor berjenis off-road bisa dibilang sudah menjadi salah satu motor yang cukup banyak di incar masyrakat, terlebih lagi untuk jenis motor off-road supermoto yang notabennya jauh lebih diperuntukan bagi pengendara motor perkotaan. Berbicara supermoto, beragam pabrikan tradisional juga silih berganti meluncurkan produk terbaru mereka, tapi tahukah Anda bahwa ternyata supermoto termahal dunia bukan merupakan produksi resmi dari satu pabrikan motor, melainkan motor yang diproduksi oleh pabrikan velg.

Rotobox adalah pabrikan velg yang terkenal dengan material carbon fiber. Pabrikan asal Slovenia ini ternyata melakukan proyek yang sedikit keluar dari jalur mereka, yaitu membuat sebuah supemoto. Proyek yang dinamakan Splice Supermoto ini tidak dikerjakan Rotobox sendirian melainkan dengan bantuan dari Yamaha Austria Racing Team (YART), sebuah tim balap yang sudah dikenal di FIM EWC. Bersama, mereka memodifikasi secara besar besaran sepeda motor enduro keluaran Yamaha ini.

Dibanderol dengan harga nyaris 30 ribu Euro atau sekitar setengah miliar Rupiah, Rotobox Splice punya spesifikasi yang tidak kalah dengan superbike. Berbasis dari Yamaha WR450F, Splice dilengkapi banyak part mewah dan mahal, dimulai dari kaki-kakinya.

Semisal suspensinya menggunakan Öhlins FG461 dan monoshock TTX Flow, dan sudah di-setting agar cocok di aspal. Sistem pengereman pun menggunakan Brembo. Yang menarik adalah pilihan swingarm yang digunakan nih. Alih alih memakai swingarm standar, mereka memilih memakai swingarm milik Yamaha YZF R6 agar pelek Rotobox karbon 5,5 inci yang dilengkapi dengan ban 190, bisa dipasang di motor ini.

Untuk mesin, Rotobox bekerja sama dengan Yamaha Austria Racing Team (YART), untuk menanamkan part performance.Semisal slipper clutch, serta knalpot dan cover mesin yang dilapisi keramik, mirip mesin balap dragbike.Dengan part seperti pelek karbon dan body baru, Splice diklaim hanya berbobot 119 kg, lengkap dengan bensin dan oli.

Jika dilihat sekilas, mahalnya motor ini memang karena memasang asesoris yang super mewah. Untuk performa mesin sendiri rasanya tidak ada yang istimewa. Tapi asesoris mewah yang terpasang, memang bisa meningkatkan performa motor.

comments

`