caption trialgame

Yuk Kenali 'Biang Kerok' Kebakaran!

Tuesday, 22 June 2021

Kenali Faktor Penyebab Terjadinya Kebakaran Motor


Kadang seringkali kita membanca mengenai motor yang tiba-tiba terbakar saat sedang digunakan berkendara di jalan raya. Bahkan rasanya tidak sedikit yang pernah menyaksikannya secara langsung. Apa sih penyebab terjadinya hal tersebut? Bukan tidak mungkin juga hal ini terjadi pada Anda. nah kami akan coba menjelaskan beragam hal yang bisa membuat motor terbakar secara tiba-tiba, sehingga Anda bisa terhindar dari kejadian yang tidak mengenakan ini.

Faktor pertama yang dapat menyebabkan motor terbakar secara tiba-tiba adalah karena modifikasi berlebih yang dilakukan. Jika Anda sering melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan beragam spare part yang digunakan. Pastikan antara satu sama lain saling support sehingga tidak mengakibatkan timbulnya konsleting dan memicu terjadinya motor yang terbakar.

Bahan bakar yang bocor seringkali menjadi dugaan awal saat sebuah kendaraan terbakar. Ini biasa terjadi karena tangki motor yang tidak tertutup dengan baik ataupun lewat selang bahan bakar. Bahan bakar yang bocor atau meluber memiliki kemungkinan terkena percikan api dari sistem pengapian. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya motor terbakar saat dikendarai. Maka dari itu, hindari mengisi bahan bakar motor yang berlebihan sampai meluber. Jangan lupa juga untuk menutupnya dengan kencang, ya. Karena bagaimana pun hal tersebut termasuk ke dalam protokol keamanan saat berkendara.

Sebelum berkendara ada baiknya, Anda mengecek kondisi seluruh bagian motor. Termasuk  juga pada komponen yang menampung oli. Perhatikan apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ditemukan oli yang merembes, maka segeralah ganti komponen tersebut. Karena kemungkinan retak atau pecah. Oli yang bocor ini juga dapat berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa segera ditangani.

Kemungkinan terburuknya, motor yang Anda gunakan bisa mengalami kebakaran. Namun selain kemungkinan tersebut, mesin motor pun juga akan lebih mudah rusak atau bahkan jebol karena oli yang dibutuhkan untuk melumasi kinerja mesin kurang.

Dan yang terakhir adalah kondisi mesin yang terlalu panas atau overheat. Kondisi ini sering terjadi jika Anda menggunakan sepeda motor untuk berkendara dalam jarak jauh yang cukup lama tanpa beristirahat atau menggunakannya dengan kecepatan tinggi. Untuk itu, Anda benar-benar harus memperhatikan kondisi mesin motor saat digunakan berkendara.

Jika Anda tengah menempuh jarak jauh, sebaiknya cari tempat peristirahatan sesekali setelah dirasa mesin sudah terlalu panas. Ini guna menghindari terjadinya kerusakan pada mesin sekaligus hal-hal tak terduga yang lain.

comments

`