caption trialgame

Yuk Kenali Tipe Ban Supermoto, Ternyata Banyak!

Tuesday, 2 March 2021

Yuk Kenali Tipe Ban Supermoto, Ternyata Banyak!


Mengganti bagian kaki-kaki termasuk ban, adalah syarat mutlak merubah motor trail Anda menjadi sebuah supermoto. Nah khusus untuk ban motor, dari dari segi konstruksi, ban kendaraan terbagi atas dua tipe, yaitu ban bias dan ban radial.

Secara bentuk dan desain pada ban tipe radial, baik alur atau kembangannya tidak ada bedanya dengan ban tipe bias tapi dari sisi harga, ban radial umumnya 30-40% lebih mahal. Apa sih yang bikin ban radial lebih mahal?  Pertama, dari segi struktur.Ban bias, dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban.  Jadi, cord atau nylon tersebut ditenun dengan cara zig- zag, membentuk sudut 40 sampai 65 derajat.

Sementara konstruksi dari ban radial, beda total dari ban tipe bias. Konstruksi  cord ban radian disusun secara vertikal dan horizontal, sehingga berbentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban dan  anyamannya juga dibuat dari serat baja sehingga lebih kuat.

Nah lantas apakah apakah perbedaan konstruksi itu membuat efek yang berbeda ketika dipakai riding? Tentu saja dong. karena memiliki konstruksi yang lebih komplek maka ban radial memilki keunggulan dibandingkan band bias. Konstruksinya lebih merata dan fleksibel, sehingga daya cengkram ban akan jauh lebih baik ketimbang ban bias. Dan Karena konstruksi yang lebih merata tadi, maka usia pakai ban radial bisa menjadi lebih lama ketimbang ban bias. Sedangkan ban bias, konstruksinya menyilang dan berpusat si tengah saja makanya bagian tengah ban bias, cenderung lebih cepat habis. Sementara radial akan lebih tahan lama.

Adanya perbedaan konstruksi ini pula yang berdampak ke adanya perbedaan performa. Karena ban bias maupun ban radial memiliki telapak ban yang sangat berbeda. Ban bias punya telapak yang lebih tebal. Sedangkan ban radial punya telapak ban yang lebih tipis, namun daya cengkramnya ke permukaan jalan lebih bagus.

Jadi kalau ban radial keunggulan kontak ke jalanan yang lebih baik. Kalau ban bias lebih kepada mampu menahan bobot yang lebih berat. Ban radial juga lebih tahan dipakai kondisi yang panas terlebih saat pengendara memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian ban bias lebih banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari sementara ban radial lebih cocok untuk mereka yang turun di ajang lomba. Sekarang, apakah Anda menggunakan supermoto untuk harian? Atau untuk ajang lomba? Jawaban tersebut akan mempengaruhi tipe pilihan ban ideal Anda.

 

 

comments

`