caption trialgame

Komponen Rem Kelas Sultan!

Monday, 13 February 2023

Komponen Pengereman High End Supermoto


Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang mutlak. Bukan saja merubah ukutan pelek dan jenis ban saja tapi merubah kaliper rem menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Apalagi jika Anda berenca mengajak supermoto Anda untuk turun dalam beragam kejuaraan nantinya.

Nah salah satu kaliper rem yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah Brembo GP4-MS. Kaliper rem tipe monoblok ini terbuat dari aluminium billet, dan telah legal untuk penggunaan motor jalan raya sejak tahun 2019.

Model terbaru dari kaliper rem GP4-MS ini akan menerima beberapa pembaruan dibandingkan generasi pertamanya tahun 2019. Perubahan paling mencolok pada kaliper rem empat piston GP4-MS adalah sirip pendingin yang secara umum selain mendapatkan fungsi pendinginan saat dipaksa bekerja dalam performa pengereman tingkat tinggi pada balapan, namun juga memiliki nilai ‘show‘ yang cukup mentereng jika dipakai pada motor motor untuk penggunaan harian.

Pada intinya, sampai dengan tahun 2022 GP4-MS adalah kaliper rem dengan 4 piston yang masing-masing silinder pistonnya berdiameter 30 milimeter. Sejauh ini, mereka hanya tersedia dengan jarak lubang 100 milimeter untuk perbautan model radial mount, yang terutama cocok dengan garpu teleskopik up-side down motor motor supersport dan superbike pabrikan Eropa. Pada tahun 2023, versi tambahan dengan jarak lubang 108 milimeter akan ditambahkan, yang berarti dapat dipasang pada model supersport dan superbike merk Jepang atau juga diaplikasikan ke unit sepeda motor dari kategori yang lain.

Kaliper rem monoblok GP4-MS Brembo ini akan tersedia untuk umum. Selain dari  pilihan kaliper rem monoblok tipe radial yang terbuat dari aluminium cor lainnya, yakni Brembo Stylema yang sekarang juga sedang banyak digunakan sebagai kaliper versi teratas di jajaran Brembo.

Brembo belum menyebutkan harga resmina, namun diperkirakan dari versi baru dengan sirip pendingin pasti ini tidak akan lebih murah dari versi sebelumnya cenderung ke arah 3.000 Euro per kit dibandingkan generasi sebelumnya yang berharga 2.500 Euro di pasar parts aftermarket Eropa. Nah buat Anda yang minat memasang komponen ini pada motor trail Anda, siap-siap buat merogoh kocek dalam-dalam ya.

 

comments

`