TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Yuk Cek Rutin CDI Motor Trail

Teknis Kendaraan 12.03.2024

Yuk Cek Rutin CDI Motor Trail


Capacitor Discharge Ignition atau yang dikenal dengan CDI motor adalah komponen yang penting dalam sistem pengapian. Fungsi CDI harus dipastikan dapat bekerja dengan baik supaya kendaraan bisa menyala.  Semua pengendara sepeda motor harus tahu bagaimana sistem pengapian yang bekerja pada kendaraannya. Supaya jika terjadi kerusakan, langsung tahu bagian mana yang seharusnya diperbaiki.

Perlu diketahui, CDI cuma ada di motor dengan karburator. Sementara untuk motor injeksi, fungsinya sudah digantikan oleh komponen bernama ECU. Fungsi CDI motor secara sederhana adalah mengalirkan percikan api ke busi. Nah percikan api inilah yang diatur oleh CDI, mengalirkan besar atau kecilnya arus listrik, dan mengatur kapan waktunya percikan api dari busi bisa digunakan pada bahan bakar yang telah dipadatkan piston.

CDI motor, besar pengaruhnya untuk performa. Karena jika pengapian yang diciptakan sempurna atau mampu membakar bahan bakar dengan baik, maka panas yang dihasilkan oleh mesin akan membuat kinerja motor jadi optimal.

Maka dari itu di pasaran ada yang namanya CDI racing. Komponen aftermarket tersebut dibuat untuk meningkatkan performa kendaraan dengan memaksimalkan arus listriknya. Jadi jika saat ini kamu berniat mengganti CDI kendaraan yang bermasalah, gantilah dengan yang berkualitas.

Untuk Anda yang awam, cara cek CDI motor terbilang mudah. Anda bisa menggunakan alat seperti Avometer atau Multitester. Selain gampang digunakan, alat ini juga bisa ditemui dengan mudah di pasaran dengan harga kisaran ratusan ribu higga jutaan.

Avometer berfungsi untuk mengecek arus suatu komponen. Cara kerja Avometer jika CDI bermasalah, alat ini akan menunjukan pergerakan jarum ke arah kanan atau kiri. Jika jarum masih bergerak tandanya CDI dalam kondisi masih baik, namun sebaliknya jika jarum tidak bergerak sama sekali CDI bisa dipastikan sudah rusak dan harus diperbaiki atau diganti.

Cara lain untuk mengetahui kondisi CDI motor bermaslah atau tidak adalah dengan mengamati kondisi busi. Coba ganti businya dengan yang baru, kalau di kick starter tidak ada percikan api besar kemungkinan CDI yang bermasalah. Tapi setelah mengganti busi lalu dikick starter motor langsung menyala, berarti penyebab motor mogok ada pada businya.

Namun percikan api yang tidak keluar tersebut juga bisa bersumber pada nkoil motor yang bermasalah. Nah disinilah fungsinya Avometer, supaya mudah mendeteksi kerusakannya, kalau jarum tidak bergerak ya tandanya CDI harus diganti.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 23.06.25

Yah Ini Kenapa Putaran Mesin..

Yah Ini Kenapa Putaran Mesin Gak Stabil Ya Pernahkah Anda mengalami mesin motor trail yang putarannya tidak stabil saat dinyalakan?...

News
Teknis Kendaraan 23.06.25

Wajah Baru Motor Trail Hadir..

Wajah Baru Motor Trail Hadir di Indonesia Sudah menjadi rahasia umum bahwa perheletan Jakarta Fair yang digelar setiap tahunnya untuk...

News
Teknis Kendaraan 23.06.25

Tangki Bahan Bakar Bisa Berembun..

Tangki Bahan Bakar Bisa Berembun Lho Tangki bensin motor trail Anda adalah salah satu komponen vital karena berfungsi sebagai tempat...