caption trialgame

Ini Lho Cara Setting Putaran Gas Stasioner

Thursday, 30 January 2020

Putaran gas stasioner adalah kondisi mesin yang bekerja disaat throttle gas tidak diputar atau ditarik. Oleh karena itu, setelan putaran stasioner motor tidak boleh sembarangan dan harus di-set secara akurat. Putaran gas stasioner motor yang sesuai tentunya akan membuat motor menjadi irit bahan bakar dan nyaman digunakan.

Terdapat 3 jenis putaran stasioner ideal, yakni khusus untuk tipe matik, cub atau bebek, dan sport. Adapun untuk tipe matik, angka ideal putaran stasioner mesin adalah 1.700±100 rpm. Tipe cub atau bebek angka idealnya 1400±100 rpm dan tipe sport adalah 1.600±100 rpm.

Putaran stasioner yang tidak sesuai tentunya akan berdampak pada mesin motor. Dampaknya kalau putaran terlalu tinggi, masuk gigi pertama akan menyentak untuk tipe cub. Pada tipe matik dan termasuk tipe cub, kampas kopling gandanya tentu akan lebih boros.

Sedangkan jika membiarkan putaran stasioner terlalu rendah, akan menyebabkan sirkulasi oli menjadi tidak maksimal. Putaran yang terlalu rendah akan mengakibatkan pengisian battery kurang maksimal, sirkulasi oli juga tidak maksimal, selain itu juga akan menyebabkan mesin mudah mati.Jadi, putaran stasioner mesin yang ideal perlu juga diperhatikan agar performa motor tetap optimal ya, bro.

Lantas bagaimana mendapat putaran stationer yang ideal bagi motor trail? bagi yang menggunakan karburator ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Yang pertama adalah memutar mur penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi. Kemudian putarl mur pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun. Lalu putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik

Dengan posisi mur seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah mur penahan skep ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi. Jika diperlukan lakukan penyetelan pada skrup udara. Putar sekerup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan. Pembukaan skrup udara kisaran 1.5 putar keluar

Sementara itu pada motor trail injeksi biasanya mur-baut stasioner dikunci pakai cat agar tidak bisa diutak-atik.Kendalanya kalau tatakan ujung baut penyetel stasioner mulai terkikis dan berlubang akibat throttle gas sering dibukatutup. Saat permukaan tatakan mulai berubah. Langsam jadi turun menyesuaikan posisi katup buluh di trotthle body yang agak tertutup hingga mempengaruhi aliran gas bakar. Dengan begitu, motor injeksi pun sulit langsam.

Kalau memang sudah sulit langsam, seting ulang saja dari mur-baut stasioner,. Adapun cara untuk memperbaiki putaran mesin kembali normal atau langsam, pertama kali adalah mengendurkan mur yang bertugas mengkunci atau kontra baut penyetel agar posisinya tidak berubah.Begitu kendur, gunakan obeng min untuk memutar baut lebih dalam (ke arah kanan) hingga putaran mesin sedikit naik dari biasanya. Lantas biar tidak mudah geser akibat getaran, mur kembali dikencangkan.

Image credit : Motosport.com

comments

`