caption trialgame

Reset ECU Amankan Buat Motor Trail

Wednesday, 3 May 2023


Penggunaan sistem injeksi pada motor trail bukan merupakan hal yang aneh. Sudah banyak beragam macam pabrikan menggunakan teknologi ini untuk memberikan performa yang lain dibandingkan kompetitor mereka. Nah bagi anda pengguna motor trail injeksi tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama ECU (Electric Control Unit).  ECU ini bisa dibilang memiliki fungsi penting di motor injeksi. Bisa dibilang, ECU berfungsi sebagai pengendali seluruh komponen kelistrikan pada motor.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata komponen ini harus direset secara berkala lho. Banyak manfaat reset ECU motor trail secara berkala, salah satunya untuk mengatasi kode error yang muncul di motor. Ketika proses reset ECU dilakukan, maka seluruh parameter akan dikembalikan sesuai standar pabrikan.

Tapi apakah ada efek samping dari proses reset ECU ini? ternyata menurut salah satu teknis. Kemudian apakah ada efek samping dari proses tersebut? Ternyata proses reset ECU adalah hal lumrah lho yang sering dilakukan oleh beragam bengkel resmi saat menservis motor trail dengan sistem injeksi.  Proses tersebut tetap dilakukan dengan ada atau tidaknya keluhan yang dialami konsumen pada motornya. Sebab tidak semua kendala dapat ditampilkan dalam bentuk informasi berupa lampu kedipan MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Reset ECU dianjurkan pada saat penggantian aki baru, sering pakai oktan bensin yang berbeda atau motor habis terjatuh. Beberapa masalah seperti tarikan terasa loyo dan gejala brebet atau boros BBM yang bikin berkendara jadi kurang nyaman bisa diatasi. Semua hal tersebut terekam ECU dan membuat mappingnya berubah, saat direset maka semuanya akan kembali seperti pengaturan awal.

Nah jika Anda melakukan ubahan atau penggantian di bagian injektor atau throttle body, reset ECU dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.Meskipun motor dapat hidup dan digunakan kembali, dikhawatirkan ubahan yang dilakukan tidak berfungsi secara maksimal.

Contohnya pembacaan posisi buka tutup katup throttle body yang diatur oleh sensor TPS yang tidak sesuai. Untuk motor yang langsamnya diatur otomatis, hal ini juga bertujuan agar sensor IACV dapat menyesuaikan dengan throttle body yang baru.

Khusus motor dengan fitur Idling Stop System, reset ECU bertujuan supaya fitur tersebut tetap berfungsi meski sudah ada ubahan.Tidak hanya upgrade, proses saat sensor dibongkar pasang ketika dibersihkan juga perlu reset ECU. Nah jadi ternyata mereset ECU itu perlu dilakukan juga ya.

 

 

comments

`