TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Waduh Kenapa Tiba-Tiba Mati Nih Motor

Teknis Kendaraan 15.07.2024

Waduh Kenapa Tiba-Tiba Mati Nih Motor


Motor trail  yang sering digunakan tidak selalu dalam kondisi optimal, terkadang mengalami masalah seperti mesin mati total atau mogok. Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain melakukan servis secara teratur dan memeriksa kondisi motor secara menyeluruh sebelum dan sesudah bepergian.

Hal-hal ini dapat membantu mencegah masalah seperti mesin motor mati total dan memastikan perjalanan Anda berjalan lancar tanpa hambatan. Kinerja mesin motor akan bekerja secara optimal jika semua komponennya berfungsi dengan baik. Sebaliknya, mesin motor dapat mengalami tersendat-sendat atau bahkan mati total jika ada salah satu atau beberapa komponen mesin yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak.

Nah sebelum Anda panik ketika mengalaminya, ada baiknya nih untuk mengetahui beberapa penyebab utama kenapa motor trail tiba-tiba bisa mati total. Simak ulasannya ya. Salah satu penyebab paling umum dari motor mati total adalah kehabisan bahan bakar. Seperti yang diketahui, bahan bakar adalah komponen krusial dalam motor, karena tanpa sumber pengapian dan bahan bakar, mesin tidak akan berfungsi dengan baik.  Solusinya adalah mencari pom bensin terdekat untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan level tangki yang aman.

yang berikutna adalah tidak adanya kompresi mesin. Tidak adanya kompresi mesin menyebabkan absennya tekanan dari dalam mesin yang diperlukan untuk proses pembakaran dalam siklus motor. Hal ini dapat mengakibatkan mesin motor mati total. Penyebab umum dari kegagalan kompresi mesin bisa disebabkan oleh klep mesin yang terganjal atau masalah pada ring atau piston yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang perlu diambil adalah membuka kepala silinder mesin dan memeriksa apakah ada penyebab yang menyebabkan kegagalan kompresi mesin. Gejala kegagalan kompresi mesin biasanya ditandai dengan kick starter atau engkol starter yang terasa ringan. Jika Anda  mengalami gejala tersebut, sebaiknya memeriksa bagian kepala silinder mesin untuk mengetahui masalahnya.

Busi motor yang kotor juag bisa menyebabkan motor mati total. Hal ini dapat dikenali dengan suara 'brebet' saat motor dihidupkan, kemudian tiba-tiba mati dalam waktu singkat. Tanda lain dari busi yang kotor adalah munculnya percikan api berwarna merah. Jika kondisinya sudah seperti itu, sebaiknya segera ganti dengan busi yang baru.

Di samping busi yang kotor, masalah pada kabel pengapian juga dapat menyebabkan motor mati total. Kabel pengapian yang bermasalah akan menghasilkan percikan listrik yang menyebabkan hilangnya arus listrik pada motor, mengakibatkan busi tidak menyala dan proses pembakaran terhenti. Jika mengalami situasi ini, motor Anda perlu segera diservis agar dapat kembali berfungsi normal.

Aki atau accu adalah komponen kunci dalam mesin motor. Jika daya pada aki habis atau tekor, mesin motor tidak dapat dihidupkan, baik melalui stater maupun kick starter. Jika mengalami situasi seperti ini, satu-satunya cara untuk menghidupkan mesin motor kembali adalah dengan mengganti aki yang sudah rusak dengan yang baru dan berkualitas.

Perlu diingat ya, penting untuk secara rutin membersihkan filter udara untuk mencegah penyumbatan pada mesin. Filter udara memiliki fungsi penting sebagai penyaring debu dan kotoran agar tidak mencampur dengan bahan bakar. Ketika debu menumpuk terlalu banyak pada filter udara, tarikan gas akan terasa lebih berat dan dapat menjadi penyebab mesin motor mati total.

Oh iya ketika lubang ventilasi pada tutup tangki tersumbat oleh kotoran, ini bisa menyebabkan mesin motor mati secara tiba-tiba karena uap bensin atau udara tidak dapat keluar melalui lubang tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, langkah yang perlu diambil adalah membuka tutup tangki dan membersihkan lubang ventilasi atau saluran udara.

Memang masih ada beberapa penyebab lain seperti kran pengaturan bahan bakar yang tertutup, main jet karburator mampet, atau oli mesin kering. Tapi biasanya penyebab utamanya adalah hal yang telah kami jelaskan sebelumnya. Oleh karena jangan lupa untuk rutin melakukan service pada motor trail Anda ya. 

Service rutin merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk memastikan performa motor tetap optimal dan terjaga. Sebaiknya, lakukan service rutin setiap dua bulan sekali. Dengan melakukan service secara teratur, Anda dapat mengontrol kondisi mesin motor dengan baik. Komponen-komponen penting seperti ventilasi udara, busi, main jet, dan lainnya akan dibersihkan dan diperiksa selama proses service rutin tersebut.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Ya Elah Kopling Motor Trail..

Ya Elah Kopling Motor Trail Kok Berat Amat Ya Tidak semua orang mau merawat motor trail mereka nih. Kendati hampir...

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Pentingnya Jaga Kebersihan Tangki Bahan..

Pentingnya Jaga Kebersihan Tangki Bahan Bakar untuk mendapatkan performa optimal, serta memperpanjang usia komponen motor trail Anda, perawatan berkala penting...

News
Teknis Kendaraan 19.05.25

Kupas Habis Helm Supermoto

Kupas Habis Helm Supermoto Salah satu jenis modifikasi motor trail yang paling digemari adalah supermoto. Yup, ngomongin supermoto, yang terlintas...