caption trialgame

Awas Ganti Oli Bisa Bikin Baut Tap Rusak

Wednesday, 15 March 2023

Awas Ganti Oli Bisa Bikin Baut Tap Rusak


Mengganti oli adalah hal rutin yang biasa dilakukan setiap bulan atau sebelum melakukan trabasan. Tidak heran jika kemudian banyak pemilik motor trail yang kerap mengganti oli dengan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel tapi jangan sembarangan yang melakukannya, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindar kerusakan padan baut tap oli motor trail Anda.

Mengganti pelumas motor trail adalah langkah perawatan yang bisa dilakukan pemotor sendiri. Selain mudah, peralatannya pun tidak banyak, seperti tang dan kunci pas/sok ukuran 14 atau 17. Namun, bagi yang kurang hati-hati atau pengalaman langkah pergantian pelumas itu bisa menyebabkan masalah baru. Yakni kerusakan pada baut tap atau ulirnya, bahkan ulir pada lubang pembuangan.

Penyebab lainnya, bisa karena kunci sok/pas yang digunakan tidak sesuai ukurannya atau kurang presisi. Bisa juga meski ukurannya benar tetapi kualitasnya kurang bagus.

Sebelumnya juga perlu diperhatikan, untuk setiap mengganti oli mesin selalu mengganti washer dengan yang baru sesuai dengan ukuran washer standar. Lakukan pembersihan lubang atas dan bawah juga stik dari kotoran debu dan oli sisa. Pastikan juga mesin dipanaskan sebelum mengganti oli atau dikeluarkan dari oli mesin.

Ada beberapa tips untuk menghindari kerusakan baut tap pelumas, yang pertama adalah bersihkan baut tap pelumas. Saat mengganti pelumas, simpan tutup pelumas mesin di tempat yang bersih. Jika disimpan di lantai biasanya nantinya terdapat kotoran yang menempel. Selanjutnya bersihkan baut pelumas menggunakan bensin dan sikat sampai bersih, jangan sampai ada kotoran yang menempel terutama di bagian ulirnya.

Saat menutup baut pelumas, jangan langsung menggunakan kunci ring, tapi putar dengan tangan terlebih dahulu. Untuk bisa meraba posisi yang pas dan presisi sehingga tidak miring. Pastikan saat mengganti pelumas, posisi sepeda motor dalam keadaan tegak menggunakan standar tengah. Dan saat membuka dan menutup baut pelumas harus dalam keadaan tegak lurus dan jangan sampai miring. ?Posisi baut pelumas yang miring bisa berpotensi merusak bagian ulir sehingga tidak menutup sempurna yang menyebabkan pelumas rembes. Jika hal tersebut terjadi solusinya harus ganti crankcase mesin atau dibubut sehingga menjadikan pengeluaran biaya perbaikan yang lebih besar.

Oh iya jJangan terlalu kencang saat menutup baut pelumas karena bisa menyebabkan kerusakan di bagian baut dan juga crankcase, dan ring yang biasanya menyatu dengan baut jangan sampai tertinggal karena berfungsi untuk mencegah kerusakan tersebut. Ketika mengencangkan diusahakan menggunakan ?torque wrench yang memiliki standar kekencangan ya. 

Nah  jika akan melakukan penggantian oli secara mandiri harus diketahui tahap dan cara mengganti oli yang benar, supaya tidak berpotensi merusak baut tap oli atau bisa merusak bagian mesin motor trail Anda.

comments

`