caption trialgame

Biar Mengerti Ini Bedanya Horse Power dan Torsi

Tuesday, 21 November 2023

Biar Mengerti Ini Bedanya Horse Power dan Torsi


Pasti udah pernah tau dong istilah horse power dan juga torsi.  Walaupun tahu, biasanya hanya tau tanpa mengerti marti sebenarnnya, bahkan tak jarang yang mengartikan baik torsi dan horse power itu sama. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda walaupun saling berkaitan. Apabila muncul istilah ini saat sedang membaca spesifikasi dari motor trail  sebaiknya tak perlu bingung. Anda bisa mempelajari apa maksud istilah tersebut dan perbedaan keduanya berikut ini.

Horse power adalah daya kuda jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Namun maksud dari istilah tersebut merujuk ke satuan tenaga kuda. Muncul pertama kali disebutkan oleh seorang insinyur asal Skotlandia sudah sejak lama.

Awalnya insinyur tersebut menjelaskan mengenai kemampuan dari seekor kuda poni untuk mengangkat beban yang beratnya 550 pounds atau 249,4 kg dengan jarak 30,48 cm. Kuda poni tersebut bisa mencapai dalam waktu satu detik. Itulah kemampuan rata-rata yang dikemukakan. Dari berat tersebut kemudian akan dikalikan dengan 60 detik dan hasilnya adalah 33.000 kaki pounds per menit. Hal yang ditemukan ini telah menjadi landasan dari ukuran 1 Horse Power (HP).

Dilihat dari temuan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tenaga kuda merupakan kemampuannya untuk mengangkut beban dalam jangka waktu tertentu. Lalu apa kaitannya dengan tenaga kendaraan ? Dasar dari perhitungan tenaga kuda tersebut sama dengan mesin yang diciptakan oleh manusia. Jadi setiap mesin akan mengeluarkan tenaga dalam waktu tertentu dan hal ini menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa hebat sebuah produk kendaraan tersebut.

Sementara itu torsi merupakan gaya yang dikeluarkan dan fungsinya untuk memutar benda supaya bergerak. Ketika kendaran mengalami kecepatan yang berubah, hal itu disebabkan oleh torsi. Semakin besar gaya torsi yang dikeluarkan, maka laju kendaraan akan cepat. Jika torsi kecil makan laju kendaran akan semakin rendah. Gaya yang dikeluarkan torsi ini akan menggerakkan kendaraan dari keadaan diam hingga melaju atau bergerak.Sedangkan untuk HP sendiri artinya adalah tenaga yang dikeluarkan mesin agar bisa mencapai kecepatan tertinggi.

Perbedaan selanjutnya adalah dari cara kerjanya. Di antara keduanya manakah yang akan bekerja lebih dahulu? Torsi adalah bagian yang akan bekerja terlebih dahulu memberikan dorongan dibandingkan munculnya tenaga.

Pada saat ruang bakar mesin terjadi pembakaran dan kendaran masih dalam keadaan diam, gaya akan tetap dihasilkan oleh roda belakang hingga akhirnya bergerak. Baru setelah itu pengemudi harus membuat kendaraan melaju. Dari sinilah ketika kendaraan dioperasikan akan muncul tenaga untuk mencapai kecepatan tertentu. Artinya tenaga yang diberikan akan menyesuaikan kecepatan yang dihasilkan.

Torsi sudah bekerja bahkan saat kendaraan dalam posisi diam. Seperti yang telah disebutkan bahwa ketika terjadi pembakaran di ruang mesin, maka gaya akan dihasilkan untuk memutar kendaran yang tadinya diam. Sedangkan tenaga akan muncul pada saat kendaran sudah melaju atau bergerak. Apabila laju kendaraan tinggi, maka yang bekerja adalah tenaga besar. Besar kecilnya tenaga dipengaruhi oleh waktu yang menentukan kecepatan tertentu pada kendaraan.

comments

`