caption trialgame

Hukum Merawat Kaki-kaki!

Tuesday, 26 July 2022

Hukum Merawat Kaki-kaki!


Bagi pemilik motor tentu sudah mengetahui bahwa rutin mencuci motor sesungguhnya wajib hukumnya. Itu termuasuk  Anda pemilik motor trail yang gemar melakukan trabasan atau hanya menggunakannya untuk kegiatan harian saja. Dan tentu saja hal ini menjadi hal yang penting di kala musim hujan sudah datang, motor wajib mendapat perhatian lebih untuk dibersihkan. Minimal jangan membiarkan motor dalam keadaan kotor. Dan harus segera dicuci dan dibersihkan begitu masuk rumah, selepas dipakai seharian atau trabasan.

Tahukah Anda apabila membiarkan motor terlalu lama kotor, dan berdebu, akan dengan cepat mengakibatkan   salah satu komponen motor  jadi  cepat rusak ?  Dan jika hal ini terjadi, tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perbaikan atau bahkan melakukan penggantian pada komponen yang rusak.

Harus dipahami, bahwa kotoran atau debu yang menempel, terutama  pada as bisa menyebabkan sokbreker cepat rusak. Oleh karena itu, jika motor terlihat kotor, terlebih  sehabis hujan  segeralah  cuci. Karena ini merupakan waktu yang paling krusial untuk menghindari terjadinya kebocoran pada shockbreaker depan.

Saat sokbreker bekerja, debu tersebut akan ikut tergesek di antara as dan karet seal. Efek negatifnya, lama-kelamaan, karet seal akan rusak dan saat itu pula  oli di dalam sokbreker bisa keluar. Seal sokbreker depan sesungguhnya berfungsi untuk menjaga oli yang ada di dalam tabung sokbreker tidak merembes keluar.

Apabila seal sudah rusak dan oli merembes keluar, nantinya bisa menetes hingga ke bagian pengereman.  Padahal perawatan bagian ini gampang sekali.  Cukup dibilas dengan air bersih, setelah itu dilap hinggal kering. Dan sebaiknya  ini dilakukan setiap hari, terutama  sehabis motor digunakan melewati hujan. Jadi, sebaiknya jangan malas lagi ya. Segera cuci motor begitu terlihat kotor ya.

comments

`