caption trialgame

Impresi Pertama Tunggangi Pan America

Tuesday, 28 November 2023

Impresi Pertama Tunggangi Pan America


Belum lama ini Harley-Davidson (HD) merilis motor adventure yang bernama Pan America. Banyak yang skeptis karena memang pabrikan ini terbiasanya merilis motor berjenis cruiser. Meski begitu, sebagai motor adventure besar pertama yang dirilis langsung di bawah bendera Harley-Davidson, pasti ada sisi uniknya.

Pan Am  dibekali fitur-fitur inovatif, salah satunya Adaptive Ride Height System. Saat duduk di atas joknya dan kunci kontak menyala, Anda pasti terkejut,  lantaran kedua kaki sudah rata di aspal.Ternyata berkat teknologi inovatif Adaptive Ride Height (ARH) System. Suspensi Semi-Active Front dan Rear Suspension with Vehicle Load Control turun secara otomatis sekira 25 mm. Hal ini sangat membantu, mengingat bobot motor mencapai 258 kg belum ditambah bahan bakar penuh.

Oh iya, ketinggian joknya 855 mm (tanpa muatan), berkat ARH menjadi 830 mm. Bisa lebih rendah lagi bila mengganti kursi aslinya dengan perangkat aksesori. ARH tentu sangat diperlukan bagi pengendara bertubuh pendek yang tertarik dengan Pan America, dan juga memperluas daya tarik ke lebih banyak rider, termasuk wanita.Ini berarti pengguna bisa lebih percaya diri dan stabilitas terjamin saat berhenti. Tentu saja teknologi anyar dari HD tidak mengurangi kenyamanan, ground clearance, travel suspensi, atau jarak menikung.

Pan America 1250 ditenagai Revolution Max 1250 baru dari HD. Mesin V-twin 1.252 cc 60 derajat berpendingin cairan. V-twin 60 derajat yang dipakai punya crank off-set 30 derajat. Selain memiliki rantai bubungan, DOHC, dan pendingin air, konfigurasi mesin ini membuatnya terdengar seperti V-twin 90 derajat. Catatan tenaganya mencapai 150 hp pada 8.750 rpm dan torsi 128 Nm di 6.750 rpm. Rasio kompresinya adalah 13:1, yang berarti Revolution Max membutuhkan bahan bakar beroktan minimal 95 untuk performa terbaik.

Revolution Max adalah powertrain yang disatukan, artinya transmisi terintegrasi dalam wadah yang sama dengan mesin, tidak seperti Big Twins tradisional HD. Ini adalah unit enam kecepatan dengan bantalan rol pada shift drum dan bushing shift-shaft berlapis teflon.

Dan di sini kita menemukan kesalahan pertama dari Pan America. Tidak ada quickshifter. Padahal perpindahan gigi naik dan turun tanpa kopling telah menjadi fitur umum pada sepeda motor adventure big-bore. Meski begitu, perpindahan gigi terasa solid, tarikan kopling juga masih tergolong ringan.

Mesin Revolution Max ditopang dengan komponen struktural sasis rangkap tiga. Paketnya ringan dan kaku. Rangka depan untuk kepala kemudi, tengah yang menyambungkan suspensi belakang, dan subframe baja untuk pengendara, penumpang, dan bagasi. Efeknya membuat pengendara mudah mengendalikan motor saat bermanuver.

The 1250 Special punya bobot kering 258 kg. Berkat Adaptive Ride Height System yang cerdas, pengendara jadi lebih percaya diri saat berhenti. Ciri motor otomatis jadi lebih ceper bisa dilihat dari lambang suspensi yang di dekat gear position berkedip. Itu terjadi ketika kecepatan motor sedang pelan atau merayap. Suspensinya yang fleksibel juga mampu menyerap ketidaksempurnaan jalan tanpa terlalu empuk atau terasa lembek.

Secara umum, ergonominya sangat bagus. Jangkauan ke stang masih bisa digapai dengan mudah. Posisi riding sesuai karakteristik motor tualang, sedikit tegak. Dengan tinggi badan 173 cm, kaki masih bisa mendapat traksi di aspal ketika berhenti.

Kursinya empuk dan nyaman. Tapi setelah 45 menit, bagian pantat belakang mulai terasa pegal. Lantaran pinggul tidak mendapat tumpuan. Belum lagi hawa panas mesin yang tak bisa dibendung. Mulai dari kaki hingga ke paha.

Pan America sebenarnya adalah ADV atau sepeda motor tualang yang sepenuhnya modern, sarat teknologi, dan berkemampuan tinggi. Ia merupakan gabungan antara motor trail dan road bike yang dapat dikendarai dalam jarak jauh, menyusuri jalan tanah, melewati aliran sungai dan ke tempat-tempat yang membangkitkan imajinasi pengendara. Dilengkapi dengan kenyamanan, suspensi semi-aktif, dan perlindungan angin yang baik. Ini jelas bahwa Harley-Davidson melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan sepeda motor adventure pertamanya.

 

comments

`