caption trialgame

Ini Dia Cara Atasi Hilanganya Kompresi pada Mesin Trail

Thursday, 25 April 2019

Loss kompresi maupun bocor kompresi pada motor bisa saja terjadi sewakatu-waktu, lalu bagaimana cara mengembalikan kompresi yang hilang? adakah solusinya untuk mengatasi motor loss kompresi dan motor kompresinya bocor? Simak caranya berikut ini ya.

  1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah menunggu suhu mesin motor menjadi dingin. Setelah suhu mesin motor sudah dingin dan kontak dalam posisi off, coba nyalakan mesin dengan menggunakan kick starter dulu, jangan gunakan starter electric untuk menghindari aki tekor. Rasakan apakah terasa berat atau enteng saat di engkol. Jika terasa berat, itu pertanda baik, karena kemungkinan mesin motor bisa menyala sangat besar

 

  1. Jika cara Mengatasi kompresi motor hilang diatas sudah dilakukan dan kompresi motor masih ada, coba hidupkan motor dengan cara diengkol saja sambil buka handle gas sampai mentok.Tujuan gas dibuka mentok agar suplai bahan bakar yang masuk keruang pembakaran menjadi lebih maksimal.Jika mesin motor menyala, tahan gas di RPM sekitar 4000- 5000 rpm. Jangan langsung dimainkan ya.

 

  1. Akan tetapi bila mesin motor belum mau hidup, cara memperbaiki kompresi motor hilang berikutnya dengan mencopot busi motor, dan kemudian masukkan oli motor ke lubang busi tadi kira-kira 3cc saja. Jika tidak ada oli, gunakan bahan bakar seperti bensin juga tidak masalah.

 

  1. Busi jangan dipasang dulu serta kunci kontak dalam posisi off, kemudian engkol lagi kira-kira 10 sampai 15 engkolan, tujuannya ialah memancing ring piston agar mengembang dan bisa menghasilkan kompresi kembali.Lalu gimana cara mengetahui kompresi motor sudah ada apa kompresi motor hilang? caranya cukup mudah, tutup rapat-rapat lubang busi pada silinder kop tadi menggunakan ujung jari kemudian engkol dengan kuat pasti akan terasa tekanannya.

 

  1. Bila terasa sudah ada kompresi, pasang kembali busi motor dan coba hidupkan mesin motor. Jika mesin mau dan sudah menyala, sudah dapat dipastikan akan keluar asap putih dari lubang knalpot motor.Hal itu sangat wajar nanti asapnya akan hilang sendiri bila oli yang masukkan tadi sudah habis dibakar oleh sistem pembakaran mesin motor.

Nah lima langkah di atas bisa diterapkan pada motor trail 2 atau 4 tak yang menggunakan sistem karburator. Jika motor trail Anda adalah motor trail injeksi, kami sarankan untuk segera membawa ke mekanik terpercaya karena sistem injeksi memiliki kerumitan yang lebih kompleks, dan agak jarang juga terjadi kompresi hilang atau bocor pada mesin motor trail injeksi. jadi untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, sebaiknya segera dikonsultasikan pada mekanik Andalan ya.

comments

`