caption trialgame

Jangan Gunakan Helm Motor Trail di Jalan Raya!

Tuesday, 8 September 2020

Jangan Gunakan Helm Motor Trail di Jalan Raya!


Helm motor trail memang memiliki bentuk yang berbeda dibanding helm full face pada umumnya, namun helm ini bisa dibilang termasuk dalam katagori helm full face karena menutupi kepala secara keseluruhan, kendati ada bagian helm motor trail yang berbeda.

Helm trail memiliki bentuk dagu yang lebih panjang dan mengerucut. Kemudian pada bagian dahi juga ada pet yang ukurannya panjang. Selain itu pada helm trail tidak memiliki visor, jadi pengendara harus memakai kacamata atau goggles tambahan. Namun hal ini tentu bukan tanpa alasan karena biasanya penggunaaan motor trail yang lebih pelan dibandingkan motor yang digunakan di aspal . pet yang berada di bagian dahi berfungsi untuk menghalangi debu atau tanah agar tidak langsung kena muka. Jadi pet yang panjang itu memperkecil tanah atau lumpur yang terlempar dari ban belakang motor di depan. Kemudian pet ini juga bisa mengurangi efek kalau hujan, jadi mencegah cipratan air langsung mengenai muka.

Sama halnya dengan bentuk dagu helm yang mengerucut, berfungsi agar kotoran-kotoran seperti lumpur tidak mudah menempeli. Kalau seperti helm full face biasa, lumpur akan mudah menempel di permukaannya. Sedangkan helm trail, tanah atau lumpur sulit menempel pada bagian dagu karena bentuk dan dimensinya yang kecil.

Nah lantas apakah helm motor trail direkomendasikan untuk penggunaan motor secara harian? Jawabannya ternyata tidak. Desain dari helm motor trail kurang smooth atau bulat, dan jika jatuh kemungkinan akan memperbesar risiko cedera, oleh karena itu helm motor trail tidak direkomendasikan untuk kecepatan tinggi seperti di on road atau aspal.

Karena kalau dipakai di aspal, seharusnya benturan kepala saat terjatuh di aspal, tidak ada hambatan dari bentuk helmnya yang bisa mencederai leher, oleh karena itu bentuk helm yang bundar lebih direkomendasikan. Dan ketiadaan visor juga membuat nilai minus karena ketika berjalan di aspal, banyak kendaraan yang bergerak dengan kecepatan menengah sampai tinggi, jadi kalau tanpa visor muka kurang terlindungi dengan maksimal.

 

comments

`