caption trialgame

Kenalan Dengan Gear Ratio

Friday, 15 March 2019

     Anda mungkin pernah mendengar istilah gear ratio tapi tahukah apa arti sebenarnya? Gear ratio adalah angka yang menunjukkan tingkat ukuran besar kecilnya antara gigi-gigi pada transmisi. Gear ratioini akan menentukan percepatan yang dihasilkan dari kombinasi gigi- gigi atau gear pada transmisi tentunya pada masing-masing tingkat percepatan.

     Pada transmisi sepeda motor umumnya menggunakan kombinasi 2 gigi untuk tiap tingkat percepatannya. Jadi pada sepeda motor untuk percepatan gigi pertamz terdiri atas 2 konstruksi gigi, pada percepatan kedua terdapat 2 konstruksi gigi yang berbeda dari gigi pertama. Demikian seterusnya untuk percepatan ketiga dan percepatan keempat. Jumlah mata gigi yang berbeda- beda inilah yang akan menghasilkan perbedaan putaran dan tenaga pada transmisi.

     Ada cara sederhana sebenarnya untuk memodifikasi gear ratio yaitu dengan mengganti sprocket belakang dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran standar, mengganti sprocket depan dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran standar, atau malah kombinasi dari keduanya. Fungsi dari penggantian sprocket ini sebenarnya untuk menaikkan rasio gir. Semakin tinggi rasio gir, akselerasi akan semakin bagus, tapi berimbas pada top speed motor yang berkurang. Selain itu, jika rasio gir terlalu tinggi juga akan membuat motor lebih boros bahan bakar.

     Sebagai contoh, misalnya motor trail KLX 150L. yang dalam kondisi standar, memiliki ukuran 14-47, artinya 14 mata untuk sprocket depan dan 47 mata untuk sprocket belakang Saat menggunakan sprocket standar, gir KLX 150L memiliki rasio 47/14=3,357. Nah, jika Anda mengganti sprocket belakang dengan ukuran 50, menghasilkan rasio 50/14=3,571, jika diganti ukuran 52 menghasilkan rasio 52/14=3,714, jika diganti ukuran 55 mendapatkan rasio 55/14=3,928, atau jika ingin diganti dengan ukuran 58 bisa menghasilkan rasio hingga 4,142. Sudah sangat terlihat kan, cukup dengan mengganti sprocket belakang saja sudah bisa meningkatkan rasio gir yang berujung pada meningkatnya akeselerasi motor!

     Selain dengan mengganti sprocket belakang, menaikkan rasio gir bisa dilakukan dengan mengganti sprocket depan saja dengan ukuran yang lebih kecil. Jadi ini kebalikan dengan sprocket belakang. Contohnya dengan ukuran sprocket standar 14-47. Jika sprocket depan diganti dengan ukuran 13 mata maka bisa menghasilkan rasio 47/13=3,615, sedangkan jika diganti dengan ukuran 12 menghasilkan rasio 47/12=3,916. Anda juga bisa mengombinasikan penggantian sprocket bagian depan dan belakang. Intinya agar rasio naik lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran standar Nah tinggal dipilih mana yang sesuai kebutuhan saja ya.

comments

`