caption trialgame

Kupas Beragam Trail Listrik Asli Pabrikan!

Wednesday, 11 January 2023

Kupas Beragam Motor Trail Listrik Pabrikan


Hingar bingar kendaraan listrik memang gaungnya semakin menggema. Beragam macam pabrikan sudah secara resmi meluncurkan produk-produk mereka, nah melalui artikel ini kami akan mencoba mengulas beberapa motor trail listrik yang sudah resmi dikeluarkan oleh pabrikan motor trail ternama. Apa saja sih ? simak ulasannya yuk

Yang pertama adalah Honda. Honda ternyata sudah memperkenalkan motor trail bermesin listrik pada 2019 lalu. Motor trail listrik tersebut adalah Honda CR Electric. Secara tampilan, motor ini memiliki tampang yang mirip dengan Honda CRF 250R yang bermesin konvensional. Honda CR Electric dibekali dengan baterai lithium-ion 370 volt dengan tenaga maksimal yang dapat dihasilkan hingga 160 Hp dan torsi puncaknya mencapai 210 Nm. Untuk letak baterainya, Honda menempatkan pada bagian belakang motor. Lalu pada bagian stang motornya terdapat beberapa tombol dengan pilihan mode berkendara.

Pabrikan Jepang lainnya yang sudah meluncurkan motor trail lstrik mereka adalah Yamaha. Yamaha TY-E 2.0 yang merupakan motor trail listrik sempat digunakan Yamaha sebagai tunggangan Kenichi Kuroyama dari tim Yamaha Factory Racing Team pada ajang kejuaraan Trial World Championship pada Juni 2022 kemarin.  Untuk spesifikasi jantung pacunya, Yamaha tidak membeberkan secara detil karena motor ini dijadikan sebagai motor balap. Namun Yamaha TY-E 2.0 merupakan motor turunan dari dari TY-E. Maka dari itu bisa diperkirakan motor ini menggunakan baterai lithium-ion ringan yang dirancang dengan kapasitas sekitar 2,5 kali lipat dari model sebelumnya.

Beralih ke pabrikan asal  Austria yang juga meluncurkan lini produk sport dan adventurenya, yakni KTM SX-E5. Secara penampilan, motor trail ini cukup unik karena memiliki ukuran yang mungil bagaikan motor latihan untuk anak-anak.  Bicara soal jantung pacunya, KTM SX-E5 menggendong baterai lithium-ion dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 5 kW dan torsi puncaknya mencapai 13,8 Nm. Lalu baterainya memiliki kapasitas 21 Ah dengan waktu pengisian hingga penuh hanya membutuhkan sekitar 70 menit saja.

Pabrikan asal Austria lainnya Husqavarna juga turut menghadirkan motor trail listrik mini dengan nama Husqavarna EE-5 pada 2021 lalu. Motor trail listrik mini ini ditunjukan untuk para biker muda. Walaupun begitu, Husqavarna EE-5 memiliki performa yang mumpuni untuk dipakai balapan. Husqavarna EE-5 menggendong baterai berkapasitas 48 V berjenis li-ion cells. Motor trail listrik mini ini memiliki enam mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur yang disematkan pada Husqavarba EE-5 pastinya untuk mempermudah biker muda atau anak-anak untuk mengendarainya sesuai dengan kegunaannya.

Rasanya tinggal menunggu waktu saja sih, motor trail listrik akan membahana, apalagi jika pabrikan raksasa otomotif mulai merilis produk motor listrik mereka secara massal, sehingga harga akan menjadi lebih terjangkau serta lebih mudah dalam memperolehnya.

comments

`