caption trialgame

Lakukan Ini Pada Motor Trail Sebelum Trabasan

Tuesday, 14 November 2023

Lakukan Ini Pada Motor Trail Sebelum Trabasan


Trabasan di akhir pekan memang sangat mengasyikan ya. Kami jamin, apakah Anda pendatang baru atau veteran motor trail, setiap trabasan pasti menjanjikan sensasi yang berbeda. Ada desakan adrenaline yang tidak bisa tergantikan setiap Anda membawa motor trail berpacu di medan offroad. Tapi jangan lupa persiapan sebelum off-road penting banget untuk dilakukan, apalagi buat pemula.Lalu, persiapan sebelum off-road apakah yang perlu Anda lakukan? Simak ulasannya ya.

Saat menempuh berbagai tantangan, hal yang wajar bagi seorang bikers berkendara dengan membuka dna menutup selongsong gas. Hal ini juga dipengaruhi dengan kondisi lintasan yang akan dilalui. Dengan begitu, kinerja mesin akan lebih maksimal dan lebih cepat panas, sehingga oli lebih cepat menguap. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi. Selain itu, cek oli sesering mungkin pada stik level oli, apakah masih sesuai standar ketinggian pelumas atau bahkan kurang. Jika ada di batas normal, maka segera tambahkan oli baru hingga batas tengah.

Oh iya umumnya memainkan gas saat perjalanan membuat Anda harus menyeting throttle gas atau tuas gas. Agar mendapatkan tarikan motor yang responsif, Anda dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Perhatian serupa juga wajib diberikan pada handle kopling. Hal ini dikarenakan permasalahan yang sering terjadi adalah kopling slip. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran selongsong gas yang tinggi.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan komponen rantai roda ya, karena saat mengendarai motor trail, gesekan pada rantai roda motor akan membuat komponen tersebut terkikis/ aus. Apalagi, rantai roda yang kendor dapat mengenai ayunan motor secara langsung. Untuk mengantisipasi itu lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang swing arm motor Anda. Serta lakukan pengencangan pada rantai roda anda sebelum bermain off road. Hal kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan rantai roda.

Nah yang berikut ini sering dianggap remeh nih, karena tidak semua orang mau melakukannya, yaitu memasang rim lock pada ban motor trail.  Rim Lock atau stopper ban merupakan perangkat enduro merupakan perangkat mekanis dan berfungsi untuk mengunci pelek antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban kekurangan tekanan angin. Jika hal ini tidak dirawat, maka dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam atau robek pentil ban pada kendaraan. Nah, itulah sebabnya komponen ini perlu untuk diperhatikan untuk mencegah terjadinya ban rusak saat ada di tengah hutan.

Karena motor trail itu identik dengan aksi dan manuver loncat-loncatan, maka, kondisi steering stem pun harus  oke. Sebagai rider, Anda harus sering mengecek kondisi steering stem dengan cara mencoba kelancaran kemudi saat belok kiri dan kanan. Jika terasa seret atau terlalu kendor, sebaiknya langsung datang bengkel untuk di-setting ulang atau mengganti bearing ada steering stem.

 

comments

`