caption trialgame

Pentingnya Adaptasi Ban Baru!

Wednesday, 25 January 2023

Pentingnya Adaptasi Saat Pengantian Ban Baru


Ketika ban supermoto Anda sudah sudah tidak terlihat lagi kembangannya atau disebut botak, tentu Anda harus menggantinya dengan yang baru. Ban yang gundul atau botak ini sangat bahaya, karena bisa licin di jalan. Karena kembangan ban yang berfungsi sebagai buangan air sudah tidak ada, jadi potensi tergelincir lebih tinggi. oh iya pada ban biasanya ada lapisan yang berfungsi untuk mencengkram aspal, pada ban yang botak lapisan ini sudah pasti tidak ada, hal ini membuat permukaan ban menjadi semakin licin.

Oleh karena itu, amat sangat bijaksana jika ban supermoto Anda sudah botak sudah sebaiknya langsung di ganti dengan yang baru ya. Nah setelah ganti dengan yang baru lalu bagaimana dengan handling dari ban baru tersebut? Yang harus diperhatikan ketika baru mengganti ban baru adalah tidak diperbolehkannya menggunakan dengan kecepatan tinggi atau langsung diajak kebut. Kenapa?

Perlu diketahui bahwa ban baru masih terdapat lapisan lilin. Sehingga, perlu dihilangkan terlebih dahulu dengan cara dikendarai secara normal . Ban yang masih baru juga perlu penyesuaian dengan pelek. Sehingga, perlu waktu untuk dapat dibawa di kecepatan tinggi. oh iya ban baru yang masih ada lapisan lilinnya tentu cengkramannya belum maksimal. Tentu akan sangat berbahaya juga jika dipakai menikung secara berlebihan.

Kemudian antara ban baru dan ban lama memiliki perbedaan karakter, seperti daya cengkeram ban dan respon lainnya. Ini akan terjadi, meski ban masih dalam satu kembangan atau tipe. Anda harus terlebih dahulu mengenal karakter ban baru. Caranya dengan  berkendara normal di jalur yang aman, dan mencoba segala kemungkinan manuver, seperti berbelok, mengerem dan kemungkinan lain. Tidak ada batasan waktu sampai kapan, yang penting Anda sudah menyesuaikan karakter ban yang baru dipasang. Ketika sudah mendapat feel-nya, baru boleh memacu supermoto seperti biasa.

jadi intinya jangan langsung memacu supermoto dengan ban baru dengan kecepatan tinggi, karena ban juga butuh beradaptasi. ini juga seperti yang kerap dilakukan para pebalap. Mereka terlebih dahulu menguji dan mencoba mengenal ban yang akan digunakannya, sebelum menjalani pertandingan.

 

comments

`