caption trialgame

Solusi Nyaman Gaspoll Siang Malam!

Wednesday, 25 January 2023

Solusi Nyaman Riding Siang dan Malam Hari


Visor helm sebagai salah satu penunjang kenyamanan saat sedang riding. Fungsi utamanya jelas untuk menghindari mata dari paparan angin, debu, hingga kotoran dan serangga kecil yang bisa saja tersangkut di mata saat berkendara. Buat Anda pengguna motor trail harian, penggunaan visor bisa dibilang vital, apalagi jika Anda beraktivitas di kota besar.

Oh iya pilihan warna visor jelas disesuaikan dengan kebutuhan, saat siang hari visor berwarna gelap atau dark smoke akan membuat mata lebih nyaman dari paparan matahari.  Sedangkan visor bening akan lebih jelas saat riding di malam hari.  Namun jika sedang riding jarak jauh, jelas akan repot kalau harus membawa dua jenis warna visor gelap dan bening. Karena biasanya riding dari siang sampai malam hari, membawa dua visor berarti menambah barang bawaan.

Nah buat Anda yang gak mau repot ternyata ada pilihan visor praktis yang bisa digunakan untuk berkendara dari siang sampai malam, namanya adalah visor photochromic. Jadi Anda  tidak harus mengganti visor di tengah perjalanan dan juga tidak harus membawa visor cadangan.

Visor photochromic ini jelas akan mempermudah, karena kalau panas di siang hari ia akan menggelap, sampai dark smoke, sedangkan di malam hari dan makin gelap, visor akan jadi bening, jadi memang bisa disesuaikan kebutuhan.

Meskipun Visor Photochromic memiliki kelebihan yang sangat menarik, namun juga terdapat kekurangan, salah satunya adalah molekul pada Photochromic membutuhkan waktu beberapa menit (120 detik) untuk menyesuaikan diri dengan cahaya sekitarnya. Kemudian dari segi harga, visor jenis ini terhitung cukup mahal, biasanya dijual dengan dengan kisaran harga 2 juta rupiah. Oh iya kekurangan lainnya adalah, visor ini belum competible untuk banyak helm juga menjadi kekurangannya. Saat ini baru tersedia untuk helm yang diproduksi oleh Bell, yang memiliki mekanisme quick release, Yakni Helm Bell Star, RS-1, dan helm Bell Vortex. Dan untuk helm RF1200, RF SR dan X-14.

Untuk perawatan visor ini sendiri cukup unik ya. Jangan bersihkan visor dengan kain pembersih biasa. Lapisan molekul photochromic pada pelindung wajah mungkin akan terpengaruh atau teknologi tahan kabut di visor akan berhenti berfungsi.  Juga, jauhkan dari air. Visor ini tidak untuk digunakan selama hujan, karena air hujan juga akan mempengaruhi lapisan anti-kabut pada pelindung wajah.  Tapi, jika Anda menggunakannya dengan hati-hati, pelindung wajah photochromic ini akan bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Fakta lain yang harus diingat adalah bahwa Visor Photochromic hanya dapat digunakan untuk helm tertentu. Anda tidak dapat menggunakannya untuk model helm lain. Kalaupun bisa di modifikasi tentunya hal ini tidak disarankan karena standar keamanannya tidak terjamin lagi.

Pada saat ini memang sudah banyak helm dengan double visor yang memiliki visor bening dan visor gelap yang bisa tersimpan.  Hanya saja tidak semua orang nyaman menggunakan double visor, khususnya yang menggunakan kacamana frame tebal. Alhasil visor photochromic ini bisa jadi pilihan agar tetap nyaman saat sedang riding di siang atau malam hari.

 

comments

`