caption trialgame

Tiga Faktor Penyebab Rem Cakram Motor Trail Blong!

Thursday, 7 April 2022

Tiga Faktor Penyebab Rem Cakram Motor Trail Blong!


Saat ini hampir sebagian besar pabrikan motor trail sudah menggunakan rem cakram sebagai perlengkapan standar mereka. Secara kinerja, rem cakram memang lebih baik atau lebih pakem dari rem tromol. Kemudian usia penggantian komponennya juga lebih lama dibandingkan rem tromol.

Meski begitu, rem cakram juga mempunyai kelemahan yang bisa mengakibatkan rem blong. Salah satunya adalah cara kerja rem cakram yang sangat bertumpu pada cairan rem sebagai pendorong piston di kaliper. Piston tersebut kemudian yang akan menekan brake pad untuk menjepit cakram, sehingga putaran roda motor akan melambat.

Nah, kondisi rem cakram motor yang blong umumnya disebabkan oleh titik didih cairan rem yang melewati batas.  Selain itu ada beberapa hal lain yang menyebabkan fungsi rem cakram pada motor bekerja tidak maksimal. Kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab terjadinya rem blong pada motor trail Anda.

Penyebab utama rem cakram motor yang blong biasanya adalah kampas yang sudah menipis. Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja rem tidak maksimal. Bila dibiarkan bakal menganggu fungsi pengereman dan bisa mengakibatkan rem menjadi blong. Tidak sedikit sih pemilik motor trail yang abai dalam mengecek kondisi kampas rem cakram, bahkan terkadang kampas rem bukan saja sudah menipis namun sudah habis yang mengakibatkan performa rem tidak berfungsi alias blong.  Komponen ini meski tidak terlihat kasat mata namun harus rutin di cek, utamanya jika indikasi kampas rem sudah menipis. Seperti bagian rem muncul suara gesekan atau saat tuas rem ditekan namun roda tidak berhenti.

Kesalahan dalam pemilihan minyak rem juga bisa menjadi faktor yang berperan lho. Setiap jenis minyak rem ada jenis tingkatan DOT yang mengacu pada Department of America. DOT merupakan penanda terhadap titik didih cairan rem. Nah, umumnya sepeda motor di Indonesia menggunakan DOT 4 yang memiliki titik didih hinga 230 derajat.

Namun beberapa pemilik kendaraan masih bandel dengan membeli minyak rem dengan tingkatan DOT yang tidak sesuai. Bisa karena tidak tahu atau hanya berpatokan pada harga yang murah. Akibatnya sudah jelas, minyak yang tidak sesuai titik didihnya juga tidak sesuai. Akhirnya rem carkam motor yang blong tidak bisa dihindari. Jadi, jangan sampai salah pilih minyak rem, apalagi jauh dari standar yang ditentukan.

Bagi Anda yang gemar melakukan modifkasi biasanya tidak memperhitungkan selang rem, sehingga tidak sesuai spesifikasi. Pabrikan sepeda motor tentunya sudah memperhitungkan dalam membuat jenis selang rem yang sesuai dengan tenaga, mesin dan karakteristik sepeda motornya. Nah, banyak yang sudah memodifikasi mesin motornya namun tidak mengganti selang rem yang sesuai. Baiknya selang rem tersebut juga ikut diganti dengan produk aftermarket yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan agar performa rem cakram maksimal dan bisa mengikuti performa mesin yang sudah dimodifikasi. Kalau tidak diganti, efeknya jadi salah satu penyebab rem cakram motor yang blong.

 

 

comments

`