caption trialgame

Kenali Ciri Radiator Motor Trail Bermasalah

Wednesday, 3 April 2024

Kenali Ciri Radiator Motor Trail Bermasalah


Untuk Anda yang motornya masih menggunakan sistem pendingn radiator jangan lupa memperhatikan kondisinya agar suhu pada mesin tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebih atau yang biasa kita kenal dengan overheat.

Radiator dianggap ampuh untuk meredam panas pada sepeda motor ketika melakukan proses pembakaran. Terlebih lagi untuk kendaraan bermotor terbaru memiliki kompresi yang tinggi dan membutuhkan oktan bahan bakar yang tinggi pula.

Mengetahui fungsi dari radiator adalah penting, Anda juga harus dituntut untuk memerhatikan cairan yang ada di dalamnya. Karena air radiator atau cairan coolant dalam radiator juga memiliki masa pakai. Sehingga harus diganti jika sudah mengalami kendala-kendala pada sistem kerja mesin motor.

Nah apalagi jika Anda berencana menggunakan motor trail untuk mudik atau mengisi waktu saat liburan lebaran nanti. Setelah engetahui peran penting dari sistem pendinginan pada kendaraan motor lebih tepatnya radiator. Alangkah baiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri air radiator pada motor trail Anda  sudah harus diganti atau belum, karena hal ini akan memengaruhi performa dari mesin motor.

Ciri-ciri pertama yang dapat Anda ketahui yaitu cairan radiator pada kendaraan kita harus diganti apabila warna dari cairan tersebut sudah memudar. Sehingga kita sebaiknya harus mengecek bagaimana kondisi air coolant itu. Ketika warna cairan berubah terdapat dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah ada zat yang memaksimalkan kinerja air coolant. Kedua yaitu harus segera diganti apabila warna sudah memudar, keruh, aatau bahkan terlihat seperti coklat kotor.Apabila yang terjadi pada kendaraan kita kemungkinan kedua maka dengan segera kita harus mengganti air radiator, agar tidak menimbulkan masalah baru yang lainnya.

Sudah pasti untuk setiap kendaraan bermotor memiliki standarisasi jarak tempuh yang kemudian harus dilakukannya servis berkala. Sehingga Anda a perlu mengetahui berapa jarak tempuh maksimal yang direkomendasikan untuk melakukan servis berkala. Kemudian apabila sudah melewati jarak tempuh, sebaiknya lakukan servis berkala, dan mengganti cairan radiator sehingga performa mesin tetap terjaga, dan terhindar dari mesin yang mengalami panas berlebih atau overheat.

Karena kita ketahui fungsi utama dari radiator adalah untuk mendinginkan mesin, maka ketika air radiator sudah mulai habis menyebabkan mesin motor akan cepat panas daripada biasanya. Lalu apabila terjadi pada kondisi ekstrim, mesin motor dapat mengalami overheat yang menghasilkan asap dan dapat menyebabkan mesin berhenti beroperasi. Memang kondisi mesin akan tetap panas apabila kita sedang menggunakan sepeda motor, namun suhu panas tersebut masih dalam batas wajar, sehingga tidak memengaruhi kinerja dari mesin.

Oh iya waspadai juga kebocoran pada selang radiator ya. Apabila hal ini terjadi, maka menyebabkan air radiator akan lebih cepat habis dari biasanya, sehingga memicu banyak masalah pada mesin motor. Oleh karena itu pastikn secara rutin bahwa selang atau klep terpasang dengan baik pada radiator.Dengan begini apabila terjadi kerusakan, Anda bisa segera lekas mengetahui dan menanganinya. Jadi sudah dicek belum kondisi radiator dan pendinginnya?

comments

`