caption trialgame

Tips Hindari Rasa Lelah Bermotor Trail

Monday, 19 February 2024

Tips Hindari Rasa Lelah Bermotor Trail


Untuk ada yang baru saja memiliki motor trail, cara mengendarainya sedikit berbeda dengan motor lainnya, apalagi jika Anda terbiasa menggunakan motor matic. Motor trail menggunakan tuas kopling untuk pengoperasiannya. Nah buat Anda yang tidak terbiasa menggunakan kopling, hal ini bisa membuat Anda sedikit lelah saat mengoperasikannya. Apalagi mengingat saat mengemudikannya kedua tangan dan kedua kaki sama-sama harus bekerja secara fokus.

Jika Anda mudah lelah, maka bisa jadi fokusnya pun akan berkurang, dan hal ini tentu akan cukup membahayakan. Alangkah baiknya jika Anda memahami beberapa tips dan trik untuk menghindari rasa lelah saat mengendarai motor trail.

Cara pertama yang penting diterapkan adalah merilekskan pundak. Pundak adalah bagian yang kemungkinan akan cepat sekali lelah saat berkendara, apalagi dengan motor kopling. Namun, jika posisi pundak sudah tepat, maka hal tersebut tidak akan terjadi.Pastikan bahwa posisi pundak Anda nyaman dan rileks selama berkendara. Jika pundak tegang dan tidak rileks, maka kelelahan pun akan lebih cepat muncul, apalagi jika Anda menemui jalan yang macet.

Selain pundak, dalam cara mengendarai motor berkopling, siku maupun jari tangan tidak kalah penting diperhatikan. Dalam hal ini jari tangan perlu memegang grip stang dengan baik secara penuh. Tujuannya tentu saja memperlancar gas dan kopling, sehingga kerjanya pun bisa semakin rileks lagi.

Disamping itu, posisi siku tangan akan lebih baik jika sedikit menekuk. Tujuannya adalah untuk melakukan perendaman terhadap setiap guncangan dari motor. Dengan demikian, guncangan roda depan pun tidak akan sampai ke pundak dan tertahan di lengan, sehingga pengendara tidak mudah kelelahan.

Selanjutnya, pengendara perlu memakai sarung tangan sebagai bentuk pengamanan bagian tangan yang akan sering mengoperasikan kopling.  Penggunaan sarung tangan untuk pengendara ini juga berfungsi sebagai salah satu alat pelindung diri. Fungsi lain dalam penggunaan sarung tangan juga untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat motor kopling. Hal ini dikarenakan tutup kulit tersebut mencegah tangan tergelincir saat mengoperasikan kopling motor.

Tentu saja ini akan lebih bermanfaat jika faktanya motor milik Anda koplingnya agar sulit dioperasikan. Karena di beberapa kondisi, memang kopling motor bisa jadi cukup berat dan membutuhkan tenaga ekstra dalam pengoperasiannya. Nah demikian tips-tipsnya semoga pengalaman mengendarai motor trail Anda menjadi lebih nyaman ya.

comments

`