news

Tips & Tricks
Aduh Jangan Utak Atik Filter Udara Ya

view
257
like  
0

Tuesday, 9 October 2018


Posted by : Administrator

Ada saja cara yang dilakukan untuk mendapatkan performa lebih dari motor trali. Salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan memperbesar debit udara yang masuk ke ruang bakar. Hal ini dimaksudkan agar tenaga motor trail memang bisa terdongkrak.

Biasanya caranya ada yang melepas boks dan filter udara di motor, melubangi boks filter udara, mengganti filter udara dengan jenis open filter atau mengganti filter bersekat longgar. Cara ini terhitung efektif karena memang udara yang masuk lebih banyak, debit bensin nantinya akan menyesuaikan, dan mesin jadi terdongkrak tenaganya.

Cara-cara seperti ini biasanya sering digunakan oleh mereka yang menggeber motor trail ketika mengikuti sebuah perlombaan. Tapi apakah aman cara tersebut dilakukan untuk penggunaan sehari-hari?. Untuk penggunaan harian, cara di atas tidak dianjurkan karena resikonya tidak sebanding dengan kelebihan yang didapat. Sebabnya, debu dan kotoran jadi tidak tersaring dengan baik dan membuat komponen mesin cepat kotor dan berkerak.Apalagi, kenaikan tenaga juga tidak akan drastis jika tidak diikuti dengan ubahan di bagian mesin lainnya.

Dibanding mengganti filter bawaan yang punya sekat longgar, melubangi atau melepas boks keseluruhan jauh lebih beresikoApabila motor melalui genangan air, lumpur dan jalanan berkerikil, kotoran itu bisa dengan mudah masuk ke ruang bakar. Kalau sudah begitu, mesin bisa mogok dan terjadi kerusakan dengan biaya perbaikan yang tidak sedikit.Kalau ingin dilubangi supaya lebih enteng, maka bagian boks atau filternya harus lebih sering diperiksa dan dibersihkan.

Kondisi karburatorjuga akan cepat kotor jika Anda melubangi atau melepas filter udara. Jika udara kotor setiap hari masuk maka kotoran akan menumpuk di ruang venturi karburator dan berakibat motor bisa brebet karena lubang-lubang dikarburator bisa mampet bahkan pilot jet dan main jet bisa mampet.

Satu lagi efek dari udara kotor masuk ke ruang bakar, piston bisa baret karena adanya kotoran yang masuk keruang bakar. Kotoran ini akan menggesek piston yang bergerak naik turun semakin lama piston jadi baret alhasil motor jadi berisik dan kompresi berkurang sehingga menyebabkan motor mogok. Ternyata lebih banyak ruginya ketimbang untungnya jika melepas atau melubangi filter motor ya, kalau tidak perlu, rasanya tidak perlu dilakukan ya.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga cukup