caption trialgame

Cake Ramaikan Pasar Motor Trail Listrik

Thursday, 15 February 2018

Mungkin tidak banyak dari penggemar motor trail yang familiar dengan pabrikan bernama Cake. Maklum saja, pabrikan asal Swedia ini sebelumnya dikenal sebagai produsen beragam motor dan sepeda listrik ramah lingkungan. Tapi akhir-akhir ini popularitas Cake sebagai pabrikan motor terdongkrak akibat keberanian mereka merilis motor trail bertenaga listrik. Sebelumnya hanya KTM yang resmi meluncurkan motor trail listrik dengan kode Seri Freeride E-XC.

Di awal Februari ini, Cake mengambil sebuah langkah berani dengan mengumumkan dan memasarkan secara massal motor trail listrik mereka yang bernama Kalk. Motor trail yan menggunakan tenaga CNC Alloy pada bagian mesinnya ini memiliki seluruh komponen body yang terbuat dari serta karbon. Tak heran jika kemudian bobot dari motor trail ini terhitung amat ringan kendati memiliki baterai dengan kapasitas besar. Bayangkan hanya 70 kilogram. Luar biasa ringan bukan?

Baterai Kalk sendiri memiliki spesifikasi 51,8 Volt dan 50 Ah. Tenaga dari baterai ini 15 kW yang mampu menghasilkan torsi 31 ft-lb atau setara dengan motor 300cc. Dalam kondisi baterai penuh, Kalk dapat menempuh jarak 80 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 km/jam.

Kalk menggunakan sistem suspensi kualitas racing, yaitu Ohlins berukuran 38mm untuk bagian depan dan belakang. Velg yang digunakan terbuat dari aluminium alloy dikombinasikan dengan sasisnya dari serat karbon. Sistem pengereman memakai perangkat yang terdiri dari kaliper piston quad-piston 220mm.

Sayangnya motor trail listrik Kalk ini memiliki bentuk yang kurang indah, sehingga jika dilihat sekilas mirip dengan sepeda listrik. Bentuk Kalk, terlihat kaku karena telihat kotak-kotak tidak memiliki komponen body yang aero dinamis.

Di awal peluncuran Kalk, Cake hanya membuka pesanan untuk 50 unit saja yang menurut rencana akan mulai didistribusikan pada kuartal ke-empat 2018 ini. Dari beberapa tes yang sudah dilakukan di Eropa, mereka yang beruntung dapat mencoba produk ini mengatakan bahwa performa Kalk termasuk dahsyat untuk ukuran motor listrik. Tenaga yang dihasilkan maupun handling motor trail ini tidak mengecewakan.

Menarik untuk ditunggu respon dari pabrikan motor besar terhadap peluncuran motor trail listrik ini. Apakah mereka akan ikut menelurkan beragam inovasi baru di kategori ini, atau tetap asyik memproduksi motor trail konvesional sesuai permintaan pasar? Kita tunggu saja perkembangannya dalam waktu dekat ini ya.

comments

`