caption trialgame

Kenalan yuk Sama Steering Damper

Friday, 25 May 2018

Urusan meredam getaran, ternyata tak hanya urusan suspensi depan dan belakang.Karena untuk kebutuhan tertentu, masih akan ditambahkan steering damper di sok depan. Terutama jika motor trail Anda turun dalam sebuah lomba dalam durasi yang cukup lama.

Steering damper bisa dibilang semacam peredam kejut kecil yang dipasang antara sasis ke unit shock depan untuk mengurangi vibrasi roda ke lintasan. Untuk motor trail jenis terbaru seperti Honda CRF250R, steering damper biasanya sudah menjadi bagian standar dari motor trail.

Nah bagi Anda yang belum memiliki steering damper pada motor trail, bukan perkara susah buat beli dan pasang barang ini yang menjadi masalah. Justru proses pemilihannya jangan sampai salah dan harus diikuti proses instalasi tepat.

Biasanya steering damper akan memiliki dua karakteristik umum yaitu CSC (Constant Safety Control) dan RSC (Reactive Safety Control).Kalau CSC punya karakter peredaman yang tetap sama di semua kondisi, maka RSC akan bereaksi lebih keras saat mendapat getaran atau beban secara tiba-tiba.

Lantas kapan pemilik motor trail harus menggunakan tambahan steering damper pada motornya? Kebutuhan steering damper dilihat dari ubahan tenaga pada motor. Jadi kalau sudah dimodifikasi sehingga tenaganya melebihi standar, baiknya tambahkan alat ini di area kemudi. Ini supaya lonjakan tenaga yang kemungkinan dapat membuat motor tidak stabil, bisa diminimalisir.

Nah biasanya piranti ini memang banyak yang dijual secara di pasaran, Namun pemilihannya perlu diperhatikan. Umumnya terdapat dua jenis steering damper yakni hidrolik dan mekanik. Hidrolik dapat disetel sesuai kebutuhan, misalnya saat penggunaan harian setang kemudi dibuat lebih ringan. Jenis mekanik akan lebih susah di setel dan untuk penggunaan harian akan lebih berat.

Selain itu pilih merek steering damper yang sudah terjamin kualitasnya. Jangan asal pilih yang murah karena kadang tidak memberikan efek apapun pada handling motor trail Anda. . Harga steering damper sendiri bervariasi namun kisarannya mulai mulai Rp 3,5 juta hingga sampai Rp 6,5 juta.

comments

`