news

Tips & Tricks
Langsam Ideal Motor Trail Injeksi

view
134
like  
0

Friday, 13 April 2018


Posted by : Administrator

Motor trail yang menggunakan teknologi injeksi terkadang membuat pusing pemiliknya. Maklum saja, motor trail jenis ini biasanya menggunakan beragam piranti elektronik serta dilengkapi beragam sensor canggih yang bisa membuat pengguna motor trail konvensional sedikit pusing.

Masalah atau troubleshoot yang sering terjadi pada motor trail injeksi biasanya memiliki hubungan langsung dengan sistem elektronik dan sensor yang terdapat pada mesinnya. Namun rupanya, tidak semua masalah memiliki ujung pangkal yang sama.

Salah satu masalah umum yang kerap terjadi pada motor trail injeksi adalah mesin sulit idle dengan normal. Nah jika masalah ini terjadi pada motor trail yang menggunakan karburator, biasanya cukup dengan menyetel setingan angin pada karburator maka masalah ini bisa diatasi dengan mudah.

Pada motor trail injeksi, salah satu penyebabnya dari komponen mekanis yang menghambat kinerja katup kupu-kupu di throttle body.Biasanya motor injeksi tidak mau langsam, penyebabnya dari injektor dan throttle body yang kotor.

Kotoran yang menempel pada injektor dan katup kupu-kupu throttle body berupa tumpukan karbon sisa pembakaran.Kerak membuat kerja katup kupu-kupu tak dapat tertutup sempurna, jadi aliran udara yang masuk ke ruang bakar tidak terkontrol makanya tidak langsam. Selain itu, kondisi fuel pump juga bisa menjadi penyebab motor sulit idle dengan normal.

Apalagi jika Anda masih menggunakan bahan bakar dengan Ron dibawah 90. Bahan bakar jenis ini biasanya meninggalkan sisa yang bisa mempengaruhi mesin injeksi undah mudah langsam. Nah untuk itu Anda harus memperhatikan lebih kondisi mesin motor trail Anda.

Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan carbon cleaner secara rutin setiap 3.000 km.Cairan tersebut berfungsi membersihkan tumpukan karbon di mesin dan jalur BBM.Cara pemakaiannya cukup dituang ke dalam tangki bensin.Namun jika kerak sudah terlanjur parah dan menggerus komponen tersebut, maka dengan sangat terpaksa throttle body harus dibongkar dan dibersihkan secara manual.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup