caption trialgame

Merawat Sprocket dan Rantai Motor Trail

Wednesday, 14 March 2018

Gear roda motor adalah bagian vital dari motor trail Anda. Bagian yang terdiri dari sprocket depan dan belakan sertai rantai ini berperan besar mengalirkan tenaga dari mesin ke roda penggerak motor trail Anda. Maka dari itu kami sarankan untuk memberikan perhatian lebih pada bagian ini.

Salah satu cara untuk memperpanjang usia dari gear roda ini adalah dengan rutin membersihkannya segera setelah Anda selesai menggunakannya. Maklum saja kotoran yang menumpuk setelah selesai berpetualang di atas motor trail biasanya sulit untuk dicuci jika tidak segera dilakukan.

Nah melalui tulisan ini kami akan berikan sedikit tips mengenai cara membersihkan sprocket depan dan belakang serta rantai yang efektif dan efisien. Simak bersama ya.

Yang pertama adalah segera bersihkan gear roda Anda setelah selesai bermotor trail. Kondisi motor yang masih hangat membuat proses pembersihan sedikit lebih mudah dibandingkan menunggu keesokan hari.

Mulai membersihkan bagian yang paling sulit dijangkau yaitu sprocket depan. Buka penutup sprocket depan dengan kunci ring T, kunci pas, ataupun kunci ratchet, tergantung dari jenis motor trail Anda.Lepaskan penutup gir depan untuk memudahkan proses pembersihan.Kemudian bersihkan penutup gir serta bagian gir depan, dengan mengunakan cairan penetran ataupun bensin. Biasanya di bagian ini banyak menumpuk kotoran yang bisa membuat berisik sprocket depan motor trail. Kotoran ini biasanya disebabkan oleh sisa-sisa oli, pelumasan, debu, bahkan cipratan kotoran dari jalan.

Untuk pembersihan sprocket belakang relatif mudah karena tempat dan ukuran yang lebih besar. Gunakan kain basah yang telah direndam dengan deterjen, kemudian basuh bagian sprocket belakang. Jika banyak lumpur atau kotoran yang membandel, gunakan pisau dempul yang terbuat dari plastik untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Nah baru kita masuk pada bagian yang cukup rumit untuk dibersihkan, yaitu rantai motor trail. Pastikan motor trail Anda dalam posisi tegak, gunakan standar tengah jika ada atau gunakan penyangga motor trail untuk membuat posisi bagian belakang motor trail lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pembersihan rantai.

Kami sarankan untuk meggunakan cairan penetran seperti WD-40 sebelum memulai proses pembersihan. Hal untuk mempermudah rantai dibersihkan dari noda hitam bekas oli atau debu jalan serta kotoran lain yang menumpuk.

Setelah disemprot dengan cairan peneteran, lanjutkan proses bersih-bersih dengan menyikat seluruh bagian rantai menggunakan sikat gigi bekas. Usahakan jangan ketinggalan satu bagian pun pas membersihkan rantai, biar rantai motormu gak cepat rusak atau karatan. Jika Anda memiliki sikat khusus untuk rantai, akan lebih memudahkan kerja Anda kerena sikat ini langsung membersihkan dua bagian sekaligus.

Setelah proses sikat menyikat selesai, basuh rantai motor trail dengan air mengalir. Jangan semprotkan air langsung ke rantai ya, apalagi dengan menggunakan pompa bertekanan tinggi. Alirkan saja air dari selang ke permukaan rantai. Lebih dekat lebih baik biar kotoran-kotoran yang menyangkut bisa mengalir bersama air.

Jangan lupa untuk mengeringkan rantai setelah proses pembersihan selesai untuk mencegah terjadinya karat. Gunakan cairan pelumas untuk membuat kinjerka rantai kembali seperti semula. Semprotkan secara merata sehingga semua mata rantai terlumasi dengan baik. Nah, tidak sulit bukan? hanya perlu sedikit mendedikasikan waktu Anda untuk merawat motor trail kesayangan.

comments

`