caption trialgame

Solusi Atasi Tuas Rem Keras

Monday, 7 January 2019

Sebagai salah satu komponen vital, sistem pengereman pada motor trail wajib untuk selalu mendapat perhatian lebih. Nah khusus bagi para pengguna motor trail yang rem depannya menggunakan sistem cakram, seiring dengan bertambahnya jam terbang motor trail, biasanya tuas rem akan terasa kerasa saat ditekan. Dan hal ini sudah pasti akan mengakibatkan rem menjadi kurang pakem.

Perbedaanya amat signifikan dengan motor trail yang masih baru, tuas remnya biasa masih empuk. Sedikit tekanan saja sudah bisa membuat motor berhenti dan daya cengkram yang dihasilkan terasa optimal.

Lalu apa sih penyebabnya tuas rem menjadi keras? Umumnya, hal itu terjadi akibat adanya gelembung udara yang terperangkap di sistem pengereman. Lho kok bisa ? Hal ini terjadi akibat panas berlebih di sistem pengereman. Panas itu bikin minyak rem mendidih dan membuat gelembung udara. Nah untuk itu kebiasaan terus menekan tuas rem sambil motor berjalan harus dihindari ya, karena bisa bikin panas berlebih pada sistem rem. Oh iya, selain bikin keras tuas rem, gelembung udara di sistem pengereman juga bisa bikin rem tiba-tiba blong.

Lantas bagaiman cara mengatasinya? Yang jelas Anda harus membuat gelembung udara tersebut dari sistem pengereman motor trail. Tapi jangan khawatir Anda bisa melakukannya sendiri kok, cukup menggunakan kunci 8 serta sedikit kesabaran maka masalah ini bisa diselesaikan.

Pertama pompa tuas rem beberapa kali lalu tekan dan tahan.Sambil menahan tekanan tuas rem, buka nepel pembuangan di kaliper rem dengan kunci 8 hingga minyak rem keluar dan kencangkan lagi.Ingat, jangan lepas tekanan dituas rem hingga nepel dikencangkan kembali.Lakukan beberapa kali hingga rasa bagel pada tuas rem hilang.Jangan lupa tambahkan minyak rem jika berkurang dalam proses tadi. Mudah bukan? jika Anda melakukannya dengan bener, rasanya performa pengereman motor trail Anda akan kembali seperti sedia kala. Selama mencoba ya.

 

comments

`