news

Tips & Tricks
Tips Aman Menembus Banjir

view
143
like  
0

Wednesday, 6 December 2017


Posted by : Administrator

Tidak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2017, dan seperti biasanya di bulan-bulan ini  sebagian besar wilayah Indonesia mulai diguyur hujan yang terkadang membuat sebagian daerah terkena bencana banjir.

Kondisi banjir tentu sangat merugikan. Bagi pengendara motor, banjir merupakan momok. Air dapat dengan mudah membasahi busi atau masuk ke ruang bakar lewat knalpot. Jika hal itu sudah terjadi, motor dipastikan bakal mogok. Bagi Anda pengendara motor trail, memang motor ini didesain untuk melahap rintangan seperti banjir namun bukan berarti Anda boleh lalai dalam memperhatikan kondisi motor Anda bukan?

Nah Ada solusi mudah sebenarnya untuk nyaman berkendara melintasi banjir.  Untuk melindungi busi bisa dengan menyemprotkan cairan pelumas seperti WD-40 pada busi atau rumah busi. Karena formula dalam cairan pelumas ini dapat menghilangkan kelembapan, serta memiliki sifat water repelant alias membuatnya menjadi tahan air.

Nah sebelum menerjang banjir, pastikan ketinggian air tidak melebihi ketinggian filter udara motor trail, karena filter udara bertugas menarik udara ketika mesin motor menyala.  Jika air masuk ke  filter udara sudah pasti akan membuat mesin motor trail Anda mati. Pastikan menjaga RPM atau putaran mesin tetap stabil ketika melewati banjir. Jangan menggeber gas karena akan membuat putaran mesin  menghisap air melalui knalpot.

Jika dirasa ketinggian air tidak bisa Anda lewati dengan mesin menyala. Kami sarankan untuk mematikan mesin motor trail Anda. Jangan lupa untuk menutup lubang knalpot dan filter udara dengan rapat untuk mencegah air masuk. Kemudian dorong motor trail Anda melintasi daerah banjir tersebut.

Jika Anda sudah menyemportkan cairan pelumas ke busi tentu tidak perlu pusing lagi, namun jika belum, Anda juga tidak perlu panik. Cukup bersihkan dan keringkan busi setelah melewati banjir. Jangan nyalakan motor sebelum komponen ini benar-benar kering.

Tips-tips diatas bisa juga diaplikasikan ketika menemui sungai, danau atau lintasan basah ketika berpetualang di alam bebas.  Jadi selamat mencoba ya.

Pic: youtube bioz Media

Tags : Trial Game,Indonesia