news

Tips & Tricks
Waktu Istimewa Manjakan Motor Trail

view
233
like  
0

Friday, 12 January 2018


Posted by : Administrator

Waktu paling tepat untuk mengurus tunggangan kesayangan kita telah tiba. Yup, akhir tahun memang indentik dengan liburan. Tak heran jika kemudian banyak yang membawa motor trail kesayangannya berpetualang. Nah selesai berpetualang, kini saatnya untuk mencurahkan perhatian Anda dengan memberikan perawatan yang semestinya.

Hal apa saja sih yang perlu dilakukan? Yang pertama tentu saja segara cuci motor trail Anda jika masih dalam keaadaan kotor.  Jangan menunda untuk mencuci motor kesayangan anda. Pastikan pada waktu mencuci motor itu lubang knalpot ditutup, agar tidak kemasukan air. Jangan menyemprot air dengan tekanan kuat pada bagian kelistrikan, karburator/injector, dan decal.

Jagalah kebersihan motor Anda. Jangan biarkan motor trail  Anda dalam kondisi kotor, apalagi saat digunakan di medan yang becek dan berlumpur. Hal ini memang sengaja dilakukan, guna menghindarkan motor Anda dari karat akibat kotoran lumpur maupun air hujan.

Selesai membersihkan, jangan lupa untuk selalu mengecek bagian-bagian onderdil motor trail Anda, seperti kabel kopling, seher atau piston, silinder head, karburator, upside down dan lain-lain. Langkah ini bertujuan agar power pada motor tidak berkurang saat digunakan nanti. Pastikan juga Anda memeriksa kelengkapan mur dan baut yang ada di motor trail Anda. Maklum saja, setelah digeber di jalur offroad seharian, seringkali ada bau tau mur yang kendor. Hal ini kesannya sepele namun akan menjadi masalah besar jika tidak segera di tangani.

Pastikan Anda memeriksa bagian rantai motor trail.  Sehabis digunakan, jangan lupa memberikan pelumas atau oli pada rantai motor trail Anda. Hal ini jangan sampai terlewatkan, karena bisa membuat rantai aus, dan akhirnya berdampak pada kelancaran penggunaannya.Lumasi rantai dengan pelumas rantai serta cek tinggkat keregangan rantai, jika kendor langsung saja dikencangkan. Harga rantai lumayan mahal, pastikan anda merawatnya dengan benar, agar awet.

Kampas rem dan kampas kopling juga perlu mendapat perhatian khusus. Kedua bagian ini tidak kalah penting dengan parts lainnya. Bagi Anda yang gemar membawa motor trail dilintasan balapan kami sarankan untuk memberi perhatian lebih pada bagian ini karena kampas rem maupun kampas kopling bisa habis hanya dalam satu kali lomba saja.

Bagi Anda yang menggunakan motor trai yang menggunakan radiator. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan ya.  Buka tutup radiator, cek ketinggian air radiator. Jika airnya kurang, langsung saja ditambah dengan air radiator. Jangan ditambah dengan air biasa ataupun air Aqua. Kemudian cek level oli mesin, jika terihat kurang, tambahkan oli mesin. Ketika dipakai offroad dalam jangka waktu cukup lama, bisa saja oli mesin mengalami pengurangan karena pemuaian atau kebocoran halus.

Cek juga filter udara, jika terlihat kotor, langsung saja dibersihkan.  Dan terakhir adalah Untuk mencegah berkarat, semprot bagian-bagian yang mudah berkarat dengan cairan WD40. Motor Trail yang terawat dengan baik tentu akan memberikan perfoma yang tidak akan mengecewakan pemiliknya. 

Tags : Trial Game,Indonesia