caption trialgame

Adu Kuat Dirt Bike 250 CC Di Indonesia!

Thursday, 25 February 2021

Adu Kuat Dirt Bike 250 CC Di Indonesia!


Pasar motor trail di Indonesia lebih marak berkutat pada kelas 150cc. Penjualan motor trail di kelas ini, lebih mendominasi dibandingkan dengan kelas lainnya. Tapi biasanya, jika para pemilik motor trail 150cc memutuskan untuk naik kelas, piihannya tentu adalah mencoba motor trail yang memiliki mesin dengan tenaga 250cc.  Nah dua jenis motor trail yang populer di kelas ini adalah Kawasaki KX250F dan Honda CRF250 Rally. Nah bagaimana perbedaan antara keduanya? Tenang, kami akan kupas pada ulasan berikut ini ya.

Secara desain, Kawasaki sendiri masih enggan untuk memberikan beberapa ornamen maupun pergantian desain secara signifikan pada produkan motor adventure-nya. Hal ini dilihat dari desain KX 250F yang tidak berbeda jauh dengan desain pendahulunya, yakni seri KLX. Namun, hal ini bisa diaggap sebagai nilai positif karena seri motor-trail KX memang menyediakan sebuah tunggangan yang kecil, lincah, dan mampu melibas berbagai lintasan. Sementara itu, Honda CRF 250 Rally mengusung nuansa motor ala rally dakar. Penggunaan windshield besar yang lumayan mencolok, serta posisi suspensi yang sedikit lebih besar pada kedua sisi depannya menjadikan Honda CRF 250 Rally punya kesan lebih garang dibanding desain motor di kelasnya.

Kawasaki KX 250F memiliki panjang 2.170 mm dengan lebar 820 mm, tinggi 1.270 mm, dengan bobot kosong 106,2 kg. Wheelbase pada KX 250 F mencapai 1.475 mm dengan jarak terendah ke tanah 330 mm. Honda CRF250 Rally memiliki panjang 2.210 mm, dengan lebar 900 mm, tinggi 1425 mm, dengan bobot kosong 155 kg. Sementara untuk jarak sumbu roda 1.455 mm dengan ground clearance 270 mm.

Untuk  seat high, KX 250 F mencapai 945 mm sementara CRF 250 Rally 845 mm. Secara dudukan memang KX 250 F lebih tinggi, namun itu tidak akan terlalu berasa karena beban motor kosong 106, 2 kg. Sementara, CRF 250 Rally akan cukup merepotkan pengendara dengan bobotnya yang lebih besar, namun akan lebih stabil dibanding KX 250 F apabila dipacu dalam kecepatan tinggi.

Beralih pada bagian kaki-kaki, KX 250 F memiliki suspensi depan 48 mm inverted SFF Showa tipe 2 dengan suspensi belakang menggunakan New Uni-Trak adjustable. Sementara untuk rem depan dan belakang, Kawasaki memberikan mtor ini semi floating 270 mm dan 240 mm Petal Disc tunggal. Pada bagian ban depan, KX 250 F menggunakan ban 80 / 100 – 21 51M, sedangkan ban belakang memakai 100/90 -91 57M.

Sementara pada CRF 250 Rally, Honda menggunakan rangka tipe Steel Twin Tube dengan suspensi depan 43 mm Showa Invertes Fork, 250 mm Stroke. Dengan suspensi belakang Pro-Link, tube tunggal 40 mm. Di bagian rem depan, CRF 250 Rally menggunakan 256 mm Floating Wave Disk dengan Calipers dobel piston, sementara pada rem belakang menggunakan 220 mm Wave Disk dengan calipers piston tunggal.

Kawasaki KX 250 F menggunakan sistem Fuel Injection Keihin 43 mm x 1 serta sistem pengapian Digital DC-CDI. Para pengguna KX 250 F juga dapat memacu tunggangannya hingga gigi ke-5. Beralih ke aspek lain, KX 250 F memiliki angka diameter kali langkah sebesar 77 mm x 53,6 mm, dengan volume mesin KX 250 F hingga 249 cc dengan sistem DOHC 4 katup, sehingga akan memberikan angka perbandingan kompresi yang mencapai 13,8 : 1. Namun pada varian ini, Kawasaki hanya membekalinya dengan volume tangki bensin sebesar 6,1 liter.

Dilain sisi, Honda CRF 250 Rally sudah menggunakan sistem mesin PGM-FI (Progammed Fuel Injection System) dengan 6 gigi kecepatan. Selain itu, CRF 250 Rally dibekali sistem pendingin Liquid-Cooled, 4 Stroke, Single cylinder DOHC dengan volume 249,6 cc. Dengan kalibrasi bore x stroke 76 mm x 55 mm yang akan menghasilkan perbandingan kompresi 10,7 : 1. Dengan mesin tersebut, CRF 250 Rally memiliki maximum power hingga 18,2 kW/8.500 rpm dan maximum torque diangka 22,6 Nm/6,750 rpm.

Dengan perbedaan mesin tersebut, tentu berpengaruh pada kecepatan maksimum kedua kuda besi tersebut. Dalam hal ini, KX 250 F sedikit lebih unggul dengan kecepatan maksimum mencapai 161 kmph, sementara Honda CRF 250 Rally sedikit dibawah dengan 154 kmph. Namun, sistem bahan bakar honda CRF 250 Rally yang telah menggunakan PGM-FI dan juga volume tangki yang lebih besar juga merupakan suatu nilai positif jika dibandingkan dengan sistem bahan bakar KX 250 F.

Sebagai penutup Kawasaki KX 250 F dilengkapi sebuah fitur Launch Control yang sebelumnya sudah diterapkan pada KX 450 F. Dengan menekan tombol merah di stang kiri, fitur ini akan aktif dan akan mencegah mesin untuk over-willy yang memungkinkan mesin untuk memberikan kekuatan lebih besar dan responsif pada saat start. Fitur ini mampu mengurangi slip pada roda belakang ketika putaran mesin tinggi pada awal mesin dinyalakan. Fitur ini tidak dimiliki oleh Honda CRF 250 Rally. Nah demikian plus minus dari kedua jenis motor trali 250cc yang di produksi oleh Kawasaki dan Honda.

comments

`