caption trialgame

Aduh Ban Motor Trail Bisa Mati Lho

Thursday, 24 October 2019

Ban motor terdiri dari karet hitam dengan kandungan silika untuk memperkuat seluruh komponen di dalamnya. Warna ban yang hitam pekat, diciptakan agar ban tahan dengan temperatur yang panas saat digunakan. Semakin sering dan lama digunakan, pemukaan akan semakin menipis. Selain permukaan yang menipis, pemukaan ban yang benjol dan kebocoran yang pernah dialami membuat ban motor tidak layak lagi digunakan.

Bukan hanya itu, selain faktor eksternal, ada juga faktor internal yang membuat ban harus diganti pada masanya. Idealnya, ban motor yang sering digunakan untuk berkendara dalam jarak jauh dan jarak dekat memiliki masa penggantian yang berbeda. Ban depan dan ban belakang speda motor juga memiliki masa penggantian yang berbeda lho.

Segala komponen pada motor trail sudah pasti memiliki waktu edarnya masing-masing. Dan yang biasanya luput dari perhatian adalah waktu edar dari ban motor trail. Banyak yang beranggapan bahwa, selama kembang masih utuh dan tidak botak maka, ban motor trail masih layak untuk digunakan. Analogi ini salah lho.

Seiring dengan waktu, pemakaian, perawatan sertanya penyimpanan, kompound pada ban motor ternyata memiliki masa kadaluarnyua. Kompound pada ban motor terbuat dari karet, dan seperti produk lainnya yang menggunakan karet sebagai bahan dasar, memiliki keterbatasan waktu penggunakan. Karena semakin lama akan menurun secara kualitas.

Secara umum Anda bisa merasa perbedaan ban yang sudah kadaluarsa. Kondisi yang biasa disebut dengan kondisi ban mati, dimana ban terasa semakin keras, tidak lentur lagi dan sudah ada retak-retak halus.Dan jika hal tadi terjadi maka bisa mengakibatkan cengkraman ban sudah tidak maksimal ke jalan.Kalau sudah ban tidak mencengkram maksimal, maka resiko terjatuh pun semakin besar. Ada beberapa kejadian motor trail terjatuh dalam kondisi bukan di kecepatan tinggi, tapi kepeleset akibat kompound ban yang mengeras.

Nah jadi jika umur kompound ban sudah pada titik terendah maka compound tersebut sudah tidak berfungai secara optimal lagi. Dan biasanya umur efektif kompound ban memang tergantung jenis dan penyimpanannya, namun jika masih dalam proses penyimpanan atau belum pernah dipakai. Rata-rata antara 4 sampai 5 tahun.

Nah untuk mengetahui masa kadalauarsa ban, biasanya ada kode yang tercantum pada dinding ban, seperti 2219. Ini artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke 22 tahun 2019. Jadi ban ini masih layak dipakai hanya sampai 4-5 tahun lagi atau sekitar tahun 2023 atau 2024.

Image Credit : rideapart.com

 

comments

`