caption trialgame

Aduh Honda Recall Motor Trail Lagi

Tuesday, 23 July 2019

Pabrikan motor memang selalu melakukan riset dan pengujian sebelum merilis produk mereka. Tapi ada kalanya beberapa komponen yang kendati sudah diuji ternyata performanya tidak memuaskan sehingga akhirnya produk tersebut ditarik kembali atau direcall.

Nah belum lama ini pabrikan asal Jepang Honda merilis penarikan kembali dua motor trail mereka yaitu
CRF250L dan CRF250L Rally. Untuk tipe terakhir di kenal dengan mana CRF250RALLY di Indonesia.. kebanyakan unit motor trail yang mengalami recall adalah produksi tahun 2018 lalu. Memang ada juga yang merupakan produksi tahun 2019 tapi jumlahnya tidak terlalu banyak.

Honda melakukan recall karena adanya masalah pada mainshaft (as) pada sistem transmisi yang konon tidak dicetak dengan baik oleh mesin saat proses produksi. Hal ini membuat membuat circlip tidak duduk dengan sempurna di mainshaft. Akibatnya tentu adalah circlip menjadi longgar hingga copot yang berujung merusak sistem gear. Imbas yang paling parah adalah transmisi bisa berpindah sendiri dari netral menjadi gigi masuk saat mesin menyala.

Tentu saja ini bisa membuat bergerak tidak terkendali tanpa disadari oleh pengendaranya. Kondisi ini tentu amat sangat membahayakan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan. Tak heran jika kemudiah Honda memutuskan untuk mercall sejumlah unit motor trail mereka. Jumlah motor trail yang direcall menurut catatan Honda adalah sebanyak 2130 unit dari seluruh dunia.

Untuk proses recall sendiri biasanya Honda akan menyarankan konsumer mereka untuk menyambangi dealer terdekat untuk mengganti sisterm transmisi dengan mainshaft baru yang sudah disempurnkan. Sejauh ini baru Honda Amerika Serikat saja yang melakukan recall, untuk Honda Indonesia belum ada keterangan resmi dari pihak terkait. Nah jika Anda pengguna salah satu dari dua jenis motor trail yang mengalami recall, ada baiknya untuk menghubungi segera pihak manufaktur.

comments

`