caption trialgame

Aduh, Rantai Motor Kenapa Berisik Banget Ya!

Wednesday, 30 June 2021

Aduh Rantai Motor Kenapa Brisik Benar ya


Fungsi rantai pada motor trail adalah sebagai penerus daya putar mesin dalam menggerakkan roda kendaraan. Dengan demikian, tanpa adanya rantai tentu saja kendaraanmu tidak dapat berjalan. Maka dari itu, perangkat gear set yang umumnya terdiri dari gir dan rantai ini perlu diperhatikan kondisinya dan dilakukan pengecekan secara berkala.

Salah satu kendala yang paling sering dijumpai adalah rantai motor yang berbunyi ketika dikendarai. Meski sepele, nyatanya bunyi pada rantai seringkali mengganggu dan menyebabkan pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya bukan jika pada artikel ini kami akan coba bahas tiga penyebab utama suar berisik pada rantai motor trail Anda.

Rantai motor yang aus bisa menjadi faktor yang memicu terjadinya bunyi saat berkendara. Untuk itu, pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakan motor trail untuk berpetualang dan berpergian. Pada dasarnya, rantai motor dan gear-nya harus diganti setiap setahun sekali. Tentunya hal ini tergantung dari pemakaian kendaraan. Apabila Anda jarang menggunakannya, mungkin tak masalah jika tak mengganti rantai dan gir dalam satu tahun.

Sebaliknya, jikasering menggunakannya untuk berkendara jarak jauh dan melewati medan-medan berisiko seperti jalanan yang tidak rata hingga jalanan berlumpur, maka kemungkinan besar usia rantaimu akan jauh lebih singkat daripada rantai yang digunakan untuk pemakaian standar.

 Kemungkinan selanjutnya, karena gear set motor trail Anda kering. Kalau sudah demikian, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengolesi bagian rantai maupun gear-nya dengan menggunakan pelumas khusus rantai motor. Hindari untuk melumasi rantai motor yang kering menggunakan oli bekas. Sebab, hal ini justru akan membuat rantai motor kotor dan menyebabkan kerusakan apabila digunakan dalam jangka panjang.

Faktor terakhir bisa juga disebabkan oleh rantai yang kendor atau malah terlalu kencang. Kedua faktor ini bisa menyebabkan timbulnya bunyi berisik ketika motor sedang dikendarai. Kendornya sebuah rantai biasanya disebabkan oleh jalanan yang berlubang, berkendara terlalu cepat atau kebut-kebutan hingga kelebihan barang bawaan.

Nah, agar rantai motor Anda tidak mengalami 3 permasalahan di atas, maka perlu adanya perawatan yang harus dilakukan misalnya membersihkan rantai secara rutin dari berbagai jenis kotoran. Anda bisa menggunakan cleaner apapun, tentunya yang aman bagi rantai kendaraan. Pastikan juga Anda selalu melakukan pengecekan secara rutin sebelum berkendara. Oh iya jangan lupa untuk menggunakan pelumas khusus untuk rantai. Dan terakhir usahakan menggunakan rantai dari brand-brand ternama atau yang original. Hindari membeli barang KW karena biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus.

comments

`