caption trialgame

Aduh Speedometer Kena Sunburn!

Wednesday, 25 January 2023

Aduh Speedometer Kena Sunburn


Sesuai dengan namanya speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan, dan dijadikan ukuran untuk mengatur kecepatan di kasawan atau ruas jalan yang di batasi maksimal kecepatan kendaraan atau minimal laju kendaraan. Nah saat ini sudah banyak motor yang dibekali dengan speedometer digital, kendati jumlah motor trail yang menggunakan speedometer digital terbilang masih minim.

Dibanding analog panel speedometer digital punya banyak kelebihan. Di antaranya bebas perawatan karena tidak menggunakan kabel speedometer dan gigi nanas seperti pada speedometer manual atau analog. Selain itu panel juga tidak memerlukan bohlam lampu biasa lantaran sudah menggunakan LED yang lebih awet usia pakainya.

Sayangnya meski terbilang canggih, speedometer digital kerap terkena masalah. Salah satu masalah yang sering ditemui pada speedometer digitalnya yakni terkena sunburn.Sunburn membuat pengendara sulit mengetahui kondisi motornya. Bahkan, untuk mengetahui sisa bahan bakar yang ada di tangki.

Ciri-ciri awal terjadinya sunburn adalah muncul bercak putih di speedometer. Sunburn bisa semakin parah jika motor dijemur langsung di bawah sinar Matahari. Nantinya lama-lama kelamaan makin besar putihnya sampai hampir nutupin semua speedometer. Umumnya penyebab sunburn disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar Matahari.

Tapi benarkah anggapan bahwa matahari dapat merusak speedometer digital? awabannya adalah tergantung seberapa lama motor yang bersangkutan berada di bawah sinar matahari. Apabila hanya maksimal 1 jam saja, ada kemungkinan tidak ada pengaruh yang signifikan. Akan tetapi akan menjadi benar ketika Anda meletakkan motor dengan speedometer digital di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama dan secara terus menerus atau setiap hari, maka hal tersebut dapat membuat komponennya menjadi rusak.

Tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari. Dengan terbakar dan menjadi rusaknya polarizer tersebut, maka peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel.

Memang ada kalanya merasa sudah mengerti mesin dan akhirnya berani mengganti filter poralizer tersebut secara manual. Hal tersebut sangat tidak disarankan karena ada kemungkinan sistem pada filter polarizer tersebut tidak dapat kembali normal seperti rakitan awal pabrik. Oleh karenanya disarankan sekali untuk membawanya ke dealer resmi daripada harus membetulkan sendiri atau membawanya ke bengkel umum.

Nah  jika sudah terkena sunbrun, maka speedometer harusnya di servis. Perbaikan biasanya dengan cara mengganti panel layarnya.  Biasanya diservis jadi diganti panel layarnya, harganya beragam tergantung kerusakan dan tipe motornya. Sebaiknya perbaikan dilakukan sebelum sunburn membesar karena lebih mudah servis saat masih bercak kecil. Adapun cara mudah agar tidak terkena sunburn yakni tidak memarkirkan kendaraan langsung dibawah sinar matahari.Ataupun bisa juga menutup speedometer agar tidak langsung terkena sinar matahari dengan kain lap atau jaket.

 

comments

`