caption trialgame

Alasan Bodi Motor Trail Didominasi Plastik

Wednesday, 15 May 2024

Alasan Bodi Motor Trail Didominasi Plastik


Pernah kepikiran gak sih, kenapa sebagian besar bagian bodi pada motor trail tuh didominasi bahan plastik? Hampir sebagian besar bagian bodi motor yang meliputi cover shield, top cover front, front shield, front fender, front side cover, ride side cover, rider platform, dan radiator cover, semuanya terbuat dari plastik.

Tenyata ada ada beberapa alasan mengapa bodi motor trail menggunakan bahan plastik, yang pertama adalah mudah didapat dan digunakan. Dalam produksi motor, kecepatan waktu sangat diperlukan guna memuaskan konsumen. Oleh karena itu, bahan plastik yang mudah didapat dan digunakan menjadikan proses pembuatan motor menjadi lebih fleksibel.  

Berbeda dengan pembentukan bodi motor berbahan besi yang harus dilas terlebih dahulu, pembentukan menggunakan bahan plastik lebih simpel karena dapat dibentuk menggunakan desain yang konsumen inginkan.

Selain mudah didapat dan digunakan, fleksibilitas bahan plastik ini juga dapat menekan biaya produksi motor. Bahan plastik dapat dikerjakan lebih mudah, cepat, dan fleksibel. Teknologi ini membuat motor bisa lebih cepat diperjualbelikan kepada calon konsumen.

Bahan plastik juga dikenal memiliki daya tahan lebih lama. Ketahanan ini juga berlaku pada proses pembuatan bodi motor. Bodi motor yang berbahan plastik akan melindungi motor dari paparan sinar UV sehingga tahan panas dan tidak akan mudah memudar. Selain itu, bahan plastik juga cocok digunakan sebagai material yang mudah diberi warna.

Fungsi paling penting dari pembuatan bodi motor menggunakan bahan plastik adalah dapat meredam benturan dengan sempurna sehingga bodi motor tidak rusak ataupun hancur. Bahan ini dipasang di bagian depan dan belakang mobil untuk mengantisipasi kecelakaan yang dialami pengendara. Oleh karena itu, motor tertabrak kendaraan lain, bodi yang terkena tidak akan langsung pecah dan berantakan.

Nah untuk mendukung kualitas bodi motor, terdapat dua jenis bahan plastik yang lazim digunakan dalam pembentukan bodi motor, yaitu ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) dan PP (Poly Propylene). Apa perbedaanya ?  Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) memiliki permukaan halus sehingga bodi motor dapat diberi warna. Plastik jenis ini memiliki ketahanan terhadap benturan dan abrasi yang sangat baik. Plastik jenis ini sering digunakan dalam pembuatan top cover front, front shield, dan front fender.

Sayangnya, ABS cenderung berbahan kaku sehingga terasa kurang nyaman bagi sebagian pengendara motor. Bahan kaku ini juga membuat cat motor mudah tergores ketika terjadi pergesekan atau tabrakan.

Berbeda dengan ABS, Polypropylene (PP) memiliki permukaan kasar sehingga tidak mudah terkelupas atau robek. Plastik jenis ini lebih mementingkan fungsi dibandingkan desain sehingga kegunaannya lebih awet. Polypropylene lebih banyak hadir dalam warna hitam pudar (doff). Bahannya yang bersifat lentur membuat plastik jenis ini lebih banyak digunakan dalam pembuatan dek, cover CVT dan disk protector.

Bodi motor trail  dibuat menggunakan bahan plastik agar lebih fleksibel dalam proses produksi. Bahannya yang bersifat lentur dan elastis membuat motor lebih tahan banting dari benturan. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih bahan plastik untuk bodi motor Anda. Bodi motor bahan plastik dengan kualitas tinggi akan membuat motor Anda bertahan lebih lama.

comments

`