caption trialgame

Alasan Utama Ganti Oli Mesin Berkala!

Tuesday, 16 August 2022

Alasan Utama Ganti Oli Mesin Berkala!


Sebagai salah satu cara untuk menjaga motor trail Anda tetap prima adalah melakukan perawatan berkala sekaligus mengganti oli mesin. Pasalnya pelumas pada mesin wajib diganti secara berkala demi mengoptimalkan kinerja mesin. Selain itu, perhatikan juga kualitas pelumas yang akan digunakan pada motor trail Anda, karena biasanya oli mesin dilengkapi dengan beragam kandungan.

Salah satu yang paling penting adalah zat aditif. Punya tujuan meningkatkan kualitas base oil atau memberikan property baru dari produk pelumas. Saat ini sejumlah pelumas mesin memiliki beragam zat tambahan yang berfungsi penting terhadap komponen di ruang bakar. Nah selain itu, ada sejumlah fungsi lain dari oli, yang menjadi alasan untuk sebaiknya menggantinya secara berkala.

Fungsi utama dari oli adalah memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan. Keberadaan oli inilah yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder. Bayangkan komponen metal bergerak dan saling bergesekan dengan kencang. Tanpa adanya pelumas, bakal cepat terjadi kerusakan. Meski begitu, Anda harus jeli memilih produk berkualitas dengan spesifikasi sesuai kebutuhan kendaraan.

Selain pelumasan, oli mesin juga berfungsi mencegah terjadinya kebocoran gas di ruang bakar. Pada dasarnya oli memiliki kemampuan melumasi setiap komponen di dalam mesin. Sebagai contoh saat melumasi antara dinding silinder dan piston, salah satu tugas oli mesin di sini adalah menjadi 'perapat' antar keduanya agar tak ada kebocoran gas di ruang atas maupun bawah piston.

Suhu panas pada mesin lumrah terjadi manakala komponen di dalam mesin bekerja. Tapi dengan adanya oli mesin di sana yang bertugas mendinginkan, suhu mesin akan tetap ideal. Namun, jangan berharap kondisi ini terasa ketika Anda telat atau bahkan lupa melakukan penggantian oli. Untuk diketahui, pada kasus tertentu oli mesin juga dapat menguap seiring pemakaian. Jadi, sangat mungkin overheat terjadi ketika Anda lalai dalam hal ini.

Karena tugasnya yang seperti itu, maka oli mesin mempunyai masa pakai atau usia pakai yang berkisar selama 6 bulan atau sekian kilometer, mana yang tercapai terlebih dahulu. Rekomendasi tersebut biasanya dicantumkan oleh pabrikan kendaraan di manual book motor trail Anda.

Meski bertugas melindungi, gesekan antar komponen mesin sejatinya tidak dapat dihindari. Tapi oli mesin inilah yang berfungsi menjadi pengendali kontaminan, sebut saja logam-logam dari hasil gesekan antar spare parts. Oli nantinya akan membawa serpihan atau kotoran-kotoran tersebut ke filter.

Seperti diketahui, setiap komponen mesin terbuat dari bahan logam. Maka sangat wajar jika karat akan mengintai. Dan, keberadaan oli pula yang bertujuan untuk mencegah karat menghinggapi bagian-bagian mesin itu. Namun sama seperti poin lain, Anda harus memerhatikan betul kondisi serta volume dari oli mesin motor trial. Nah paham kan kenapa harus ganti oli mesin secara berkala.

 

 

comments

`